Perbedaan Batuk Biasa dan Covid-19, Bisakah Dikenali Orang Awam?

Rabu, 23 Februari 2022 - 13:50 WIB
loading...
Perbedaan Batuk Biasa dan Covid-19, Bisakah Dikenali Orang Awam?
Perbedaan batuk biasa dan Covid-19, bisakah dibedakan? Pertanyaan ini kerap muncul di benak masyarakat. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Perbedaan
">batuk biasa dan Covid-19 , bisakah dibedakan? Pertanyaan ini kerap muncul di benak masyarakat. Untuk mengetahui jawabannya, yuk baca artikel ini sampai tuntas!

Batuk merupakan gejala yang banyak dialami pasien Covid-19. Tapi, batuk juga bisa timbul pada orang yang mengalami flu.



Di masyarakat kemudian beredar isu bahwa batuk Covid-19 khususnya Omicron, berbeda dengan batuk pada umumnya. Ada informasi yang menjelaskan bahwa batuk Omicron itu cenderung kering. Sedangkan batuk biasa kering atau berdahak.

Menjadi pertanyaan sekarang, apakah memang batuk biasa dan batuk Covid-19 bisa dibedakan oleh orang awam?

Diterangkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Tropik dan Infeksi dr Ronald Irwanto, SpPD-KPTI, antara batuk flu dengan batuk Covid-19 itu tak ada bedanya.





"Tidak ada bedanya," kata dr Ronald mengklarifikasi informasi yang beredar di masyarakat soal perbedaan batuk biasa dengan batuk Covid-19 , dalam webinar kesehatan, Selasa (22/2/2022).

Dokter Ronald menegaskan bahwa antara flu dengan Covid-19 memang gejalanya hampir mirip. Itu juga yang membuat batuk di antara keduanya tidak berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)