Apakah Penyakit Asam Lambung Bisa Sembuh? Ini Jawaban Dokter

Rabu, 23 Februari 2022 - 15:28 WIB
loading...
Apakah Penyakit Asam Lambung Bisa Sembuh? Ini Jawaban Dokter
Apakah penyakit asam lambung bisa sembuh? Banyak yang mempercayai bahwa penyakit yang biasa disebut maag ataupun GERD ini adalah penyakit seumur hidup. / Foto: ilustrasi/drweil
A A A
JAKARTA - Apakah penyakit asam lambung bisa sembuh? Banyak yang mempercayai bahwa penyakit asam lambung atau yang biasa disebut maag ataupun GERD adalah penyakit seumur hidup.

Itu artinya, mereka yang mengalami penyakit maag tidak akan pernah bisa sembuh 100 persen. Namun, benarkah bahwa masalah asam lambung tidak akan pernah bisa disembuhkan?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Davis Smith, MD, menjelaskan bahwa penyakit asam lambung itu bisa disembuhkan.

Baca juga: Perbedaan Batuk Biasa dan Covid-19, Bisakah Dikenali Orang Awam?

"Kasus refluks asam yang biasa dikenal dengan penyakit refluks gastroespfagel atau GERD dapat disembuhkan," tegasnya, seperti dikutip MNC Portal dari laman Campus Well, Rabu (23/2/2022).

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam menyembuhkan penyakit ini adalah gejala yang terjadi dan juga membenahi penyebab utama pasien mengalami masalah asam lambung.

Kebanyakan orang mengalami penyakit asam lambung disertai dengan gejala seperti rasa asam yang terasa di tenggorokan atau juga batuk yang mengganggu. Pada beberapa kasus gejalanya bisa berupa nyeri dada yang sangat parah hingga menyebabkan angina.

"Gejala akan lebih buruk jika pasien berbaring, karena asam tertahan di perut. Gejala juga makin buruk jika pasien mengonsumsi kopi atau alkohol saat gejala terjadi," terang dr Smith.

Lantas bagaimana memastikan masalah asam lambung tidak muncul lagi?

Pada proses penanganan kasus, dr Smith menjelaskan, fokus ada pada penurunan kadar asam lambung itu sendiri. Biasanya dokter akan meresepkan obat yang disebut 'proton pump inhibitors'. Obat jenis tersebut sangat efektif mengendalikan gejala refluks aman terutama pada pasien muda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0935 seconds (0.1#10.140)