Menkes: Indonesia Sudah Lampaui Puncak Kasus Omicron

Kamis, 24 Februari 2022 - 19:02 WIB
loading...
Menkes: Indonesia Sudah Lampaui Puncak Kasus Omicron
Menkes Budi Gunadi Sadikindan dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo tampil sebagai pembicara dalam MNC Forum LXIII yang digelar secara online, Kamis (24/2/2022). Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini Indonesia sudah melampaui puncak kasus Covid-19 akibat varian Omicron .

“Situasinya di Indonesia sekarang gimana, Indonesia kita sudah melampaui Omicron secara nasional. Kita pernah di puncaknya, kasus sampai 64 ribu,” kata Menkes Budi dalam gelaran MNC Forum LXIII (63rd) Strategi dan Kebijakan Kemenkes dalam Mengatasai Gelombang Omicron, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga: P eneliti China Sebut Varian Omicron dan Delta Bikin Gairah Seks Menurun

Angka kasus positif harian yang hampir menembus 65 ribu tersebut, disebut Menkes Budi, sudah jauh lebih tinggi daripada gelombang kedua akibat varian Delta pada 2021.

“Ini lebih tinggi daripada puncak kasus Delta yang terjadi di bulan Juli 2021, yang pernah sampai 56 ribu kasus,” imbuhnya.

Baca Juga: 6 Gejala Omicron Tidak Biasa, Salah Satunya Keringat di Malam Hari



Meski secara angka positivity rate lebih besar, Menkes Budi menekankan tingkat keparahan yanag ditimbulkan akibat varian Omicron lebih ringan jika dibandingkan dengan Delta. Salah satu indikatornya bisa terlihat dari angka hospitalisasi atau perawatan di rumah sakit yang masih landai.

“Tapi kalau dilihat hospitaliasinya, puncak Delta itu sampai 93 ribu yang dirawat. Nah sekarang kita masih di kisaran 38 ribu, jadi masih di kira-kira 35 persen dari varian Delta. Kesimpulannya dua, Omicron ini naiknya lebih cepat, lebih banyak kasusnya, tapi fatalisasinya lebih rendah,” pungkas Menkes.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2749 seconds (11.252#12.26)