Menkes Akui Sulit Jalankan Vaksinasi Covid-19 di Daerah Terpencil, HT Siap Bantu

Kamis, 24 Februari 2022 - 20:40 WIB
loading...
Menkes Akui Sulit Jalankan Vaksinasi Covid-19 di Daerah Terpencil, HT Siap Bantu
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia berhasil melampaui target awal. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia berhasil melampaui target awal. Hal ini tentu tidak terlepas dari strategi dan program-program yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia sejak pandemi melanda awal 2020 lalu.

Sebagai informasi, program vaksinasi Covid-19 di Indonesia mulai dilakukan pemerintah pada Rabu 13 Januari 2021 di Istana Negara. Kala itu, orang yang pertama kali disuntik vaksin buatan Sinovac adalah Presiden Joko Widodo.

Pada saat yang sama, sejumlah pejabat, tokoh agama, organisasi profesi serta perwakilan masyarakat turut mengikuti vaksinasi. Program vaksinasi pun terus berlanjut hingga dibagi menjadi beberapa kategori dengan periode berbeda yakni SDM kesehatan, petugas publik, lansia, masyarakat umum dan rentan, serta remaja.

Baca Juga: Menkes: Indonesia Sudah Lampaui Puncak Kasus Omicron

Hasilnya, selama kurang lebih 1 tahun berjalan, program vaksinasi Indonesia sudah menembus angka 189 juta penerima dosis atau 90% dari target 208 juta penerima dosis.

Namun, bila didasarkan dari data populasi, tingkat vaksinasi Covid-19 Indonesia sudah mencapai 70%. Angka ini sekaligus menjadikan Indonesia berada di peringkat ke-5 dunia dengan jumlah masyarakat yang divaksinasi terbanyak. Padahal, Indonesia sempat diragukan oleh sejumlah pakar dan media dunia dalam permasalahan vaksinasi Covid-19 ini.

"13 Januari 2021 waktu itu targetnya malah 181 juta orang, tapi kita tembus 189 juta. The Economist juga sempat menyebut Indonesia butuh waktu 10 tahun untuk melakukan vaksinasi. Saya ingin tunjukkan Indonesia tidak sebodoh itu," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam gelaran MNC Forum LXIII (63rd) Strategi dan Kebijakan Kemenkes dalam Mengatasai Gelombang Omicron, Kamis (24/2/2022).

Amerika saja, lanjut Menkes Budi, tingkat vaksinasinya sekarang tidak bergerak dari angka 75%. Begitu pun dengan Israel yang masih jalan di tempat di angka 74%-75%.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Bakal Berlangsung Lama, Menkes Minta Masyarakat Selalu Patuh Prokes

Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2047 seconds (11.97#12.26)