4 Gua Eksotis di Jawa Barat, Cocok untuk Liburan yang Menantang

Senin, 28 Februari 2022 - 11:07 WIB
loading...
4 Gua Eksotis di Jawa Barat, Cocok untuk Liburan yang Menantang
Ada empat gua eksotis di Jawa Barat yang cocok untuk liburan yang menantang. Jawa Barat sendiri dikenal sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Ada empat gua eksotis di Jawa Barat yang cocok untuk liburan yang menantang. Jawa Barat sendiri dikenal sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan.

Jawa Barat memiliki berbagai macam destinasi. Salah satunya wisata alam seperti gua. Di mana gua-gua ini menyajikan pemandangan eksotis sekaligus.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Tertarik untuk mengunjunginya? Berikut daftar gua eksotis di Jawa Barat seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (28/2/2022).


1. Gua Sunyaragi, Cirebon

4 Gua Eksotis di Jawa Barat, Cocok untuk Liburan yang Menantang


Gua Sunyaragi merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Cirebon. Gua ini merupakan salah satu peninggalan dari sejarah panjang kesultanan di Cirebon. Hal itu sesuai dengan namanya berasal dari kata sunya yang bermakna sunyi, sedangkan ragi bermakna jiwa. Destinasi wisata ini tetap boleh dikunjungi oleh umum.

Berdasarkan catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat, luas goa ini sekitar 15.000 meter persegi. Pemandangannya sangat memanjakan wisatawan, terlebih bentuk goa ini mirip candi yang sangat unik.

Di dalam kompleks Goa Sunyaragi, terdapat beberapa gua, seperti Gua Peteng, Gua Simanyang, Gua Padang Ati, Gua Pawon, dan Gua Argajumut yang masing-masing memiliki makna tersendiri dan gua-gua tersebut dihubungkan oleh rongga yang besar.

Bangunan goa ini didominasi dengan motif wedasan dan megamendung. Bentuknya menyerupai batu karang. Dua motif ini sering dilihat dalam batik khas Cirebon. Letak Goa Sunyaragi berada di Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi atau dapat ditempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Cirebon. Untuk bisa masuk ke araea wisata ini, Anda cukup merogoh kocek Rp10 ribu.

2. Gua Pawon, Bandung Barat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3322 seconds (0.1#10.140)