4 Gua Eksotis di Jawa Barat, Cocok untuk Liburan yang Menantang

Senin, 28 Februari 2022 - 11:07 WIB
loading...
A A A
4 Gua Eksotis di Jawa Barat, Cocok untuk Liburan yang Menantang


Gua Pawon terletak di kawasan Karst Citatah, Kabupaten Bandung Barat yang terkenal dengan bebatuan purbanya. Gua ini merupakan salah satu bukti otentik eksistensi Danau Bandung Purba. Undakan tangga batu dan suara cicitan kelelawar akan menyambut Anda begitu menapaki tangga menuju bibir gua.

Pilar batu stalakmit dan stalagmit sepanjang belasan meter seolah menjadi penyangga atap gua yang ditembus sinar mentari. Di gua ini juga, Anda bisa melihat jejak-jejak kehidupan manusia purba. Beberapa waktu lalu, arkeolog dari Universitas Padjadjaran melakukan eskavasi di Gua Pawon. Di sini, ilmuwan menemukan kerangka, gigi, tembikar, hingga mata tombak yang digunakan manusia purba untuk berburu.

Gua di antara pegunungan kapur ini juga lekat dengan hikayat Sangkuriang. Konon, Dayang Sumbi yang merupakan ibunda dari Sangkuriang dikisahkan pernah tinggal di dalam Gua Pawon sebelum bertemu kembali dengan Sangkuriang di sekitar Gunung Tangkuban Parahu.

Gua Pawon berada di Kampung Cibukur, Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Anda cukup merogoh kocerk Rp5 ribu hingga Rp10 ribu untuk bisa menjelajahi gua purba ini.


3. Gua Parat, Pangandaran

4 Gua Eksotis di Jawa Barat, Cocok untuk Liburan yang Menantang


Gua Parat terletak di Kawasan Hutan Lindung atau cagar alam di Kabupaten Pangandaran. Gua ini memiliki panjang menjorok kurang lebih 300 meter ke bagian dalamnya. Untuk bisa menyusuri gua, wisatawan bisa menggunakan jasa pemandu dari warga lokal. Interior Gua Parat pun semakin melebar begitu Anda berjalan masuk ke dalamnya.

Di dalam Gua Parat, bisa melihat stalakit dan stalagmit yang memiliki bentuk alami yang unik, yakni mirip dengan bentuk organ intim pria dan wanita. Keunikan lainnya, yakni stalakmit yang berbentuk seperti bejana. Tak hanya wisata susur gua, Anda juga bisa melakukan wisata religi.

Sebab, di dekat mulut Gua Parat terdapat dua makam penyebar agama Islam, yaitu Pangeran Kasepuhan (Syekh Ahmad) dan Pangeran Kanoman (Syekh Muhammad). Berdasarkan situs wisata Pangandaran, baik Syekh Ahmad dan Syekh Muhammad merupakan keturunan dari Pangeran Maja Agung yang disebut berasal dari Mesir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)