Kolesterol Berikan 4 Manfaat Ini bagi Tubuh Manusia

Senin, 28 Februari 2022 - 18:08 WIB
loading...
Kolesterol Berikan 4 Manfaat Ini bagi Tubuh Manusia
Kolesterol kerap dimaknai secara negatif oleh masyarakat awam. Padahal, sejatinya kolesterol pun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol kerap dimaknai secara negatif oleh masyarakat awam. Padahal, sejatinya kolesterol pun memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Perlu diingat, di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol. Yaitu kolesterol baik atau HDL (high-density lipoprotein) dan LDL (low density lipoprotein) yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Keberadaan kolesterol baik yang sering dilupakan bermanfaat bagi tubuh untuk menunjang proses metabolisme.



Lantas, apa saja manfaat kolesterol itu di dalam tubuh kita? Simak ulasannya berikut ini.

1. Melindungi dari Serangan Jantung dan Stroke

Melansir laman Hearth pada Senin (28/2/2022), HDL bisa dianggap sebagai kolesterol baik karena dapat melindungi kita dari serangan jantung dan stroke. Pasalnya, HDL membawa kolesterol LDL dari arteri dan kembali ke hati, di mana LDL dipecah dan dikeluarkan dari tubuh. Tapi, kolesterol HDL tidak sepenuhnya menghilangkan kolesterol LDL, melainkan hanya sepertiga sampai seperempatnya.





2. Memproduksi Vitamin D

Mendapatkan vitamin D bukan hanya dari sumber makanan. Tubuh juga bisa juga memproduksi vitamin D secara otomatis ketika terpapar sinar matahari. Caranya adalah dengan mengubah kolesterol yang ada di dalam kulit menjadi calcitriol, kemudian langsung disalurkan ke hati dan ginjal untuk menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Membentuk Hormon

Kolesterol memiliki manfaat baik untuk membentuk hormon steroid yang mencakup testosteron (hormon seks pria) serta estrogen dan progesteron (hormon seks wanita). Hormon tersebut berperan untuk mengatur fungsi sistem reproduksi manusia.

Selain itu, kolesterol juga berperan dalam pembentukan hormon kortisol dan aldosteron. Kedua hormon tersebut berperan dalam pengaturan tekanan darah, merespon stres, dan menjaga kesimbangan elektrolit tubuh.

4. Melindungi Otak

Dilansir dari laman Harvard Medical School, sebanyak 25% zat lemak tubuh ini terkandung di dalam otak. Dalam otak, kolesterol bermanfaat untuk memperlancar sambungan antarsaraf yang disebut sinaps, yang mengatur berbagai fungsi otak, terutama untuk mengingat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2954 seconds (0.1#10.140)