Minum Jus Buah Setiap Hari Terbukti Turunkan Kolesterol Jahat

Senin, 28 Februari 2022 - 07:19 WIB
loading...
Minum Jus Buah Setiap Hari Terbukti Turunkan Kolesterol Jahat
Minum jus buah setiap hari terbukti menurunkan kolesterol jahat. Temuan ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition. Foto/Diabetes UK
A A A
JAKARTA - Minum jus buah setiap hari terbukti menurunkan kolesterol jahat . Temuan ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa minum jus buah yang diperkaya beta-glukan menghasilkan efek yang diinginkan. Beta-glukan adalah jenis serat yang ditemukan dalam sel-sel jenis ragi, alga, dan jamur tertentu.

"Beta-glukan dapat mengurangi konsentrasi serum kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat). Mekanisme tindakan ini tidak jelas, dan sulit untuk memprediksi efek penurunan kolesterol dari produk makanan yang diperkaya dengan beta-glukan," kata para peneliti.

Peneliti meneliti efek jus buah yang diperkaya beta-glukan pada lipid serum dan lipoprotein dan pada penanda penyerapan kolesterol (konsentrasi serum sterol tumbuhan) dan sintesis (konsentrasi serum lathosterol).


Setelah periode tiga minggu, subjek sehat mengonsumsi minuman buah setiap hari yang menyediakan lima gram tepung beras (kelompok plasebo) atau beta-glukan dari gandum selama lima minggu.

Dilansir dari Express, Senin (28/2/2022) hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok kontrol dan beta-glukan. Di mana dalam perubahan konsentrasi serum total dan kolesterol jahat masing-masing adalah 4,8 persen dan 7,7 persen.

"Beta-glukan menurunkan konsentrasi serum total dan kolesterol jahat ketika dimasukkan ke dalam minuman buah," jelas peneliti.

Beta-glukan telah diakui memiliki sifat penurun kolesterol darah. Beta-glukan adalah bentuk serat larut, yang merupakan bagian dari diet sehat, dapat membantu menurunkan kolesterol . Oat dan barley adalah sumber beta-glukan yang baik.


Anda juga harus mengurangi penyebab yang diketahui meningkatkan kadar kolesterol. Untuk mengurangi kolesterol Anda, cobalah untuk mengurangi makanan berlemak, terutama makanan yang mengandung jenis lemak yang disebut lemak jenuh.

Anda masih bisa mengonsumsi makanan yang mengandung jenis lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh. Di antaranya ikan berminyak, seperti makarel dan salmon, nasi merah, roti dan pasta, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Anda juga harus melakukan olahraga setidaknya 150 menit atau 2,5 jam seminggu.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)