Menparekraf Berupaya Konflik Rusia dan Ukraina Tidak Pengaruhi Pariwisata Indonesia

Selasa, 01 Maret 2022 - 21:32 WIB
loading...
Menparekraf Berupaya Konflik Rusia dan Ukraina Tidak Pengaruhi Pariwisata Indonesia
Sandiaga Uno menyebutkan bahwa konflik yang terjadi antara Ukraina dan Rusia akan terus diupayakan agar tidak berdampak terhadap pariwisata Indonesia. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa konflik yang terjadi antara Ukraina dan Rusia akan terus diupayakan agar tidak akan berdampak terhadap sektor pariwisata di Indonesia.

Begitu juga penerbangan dari wisatawan mancanegara (wisman), sejauh ini masih terkendali. Apalagi pemerintah tengah gencar membangkitkan kembali pariwisata khususnya melalui kedatangan wisman.

Sandiaga menyebutkan, Rusia dan Ukraina merupakan pasar yang sangat potensial bagi pariwisata di Indonesia. Di mana kedua negara tersebut menjadi turis yang jumlahnya cukup banyak datang ke Indonesia, baik sudah menetap maupun sekadar liburan.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Dosis Kedua Bakal Jadi Syarat Aturan Penerapan PPKM

"Sebetulnya kami juga sedang menggarap pasar-pasar Ukraina dan pasar Rusia, karena potensi yang selama ini permintaan untuk berlibur di Bali. Baik dari segi kategori lama tinggal di Bali maupun kualitas dari belanjanya. Ini salah satu yang memiliki prospek yang sangat baik," kata Menparekraf Sandiaga dalam Weekly Press Briefing yang digelar virtual, Selasa (1/3/2022).

Menurutnya, walaupun sebenarnya konflik Rusia dan Ukraina ini nantinya akan memengaruhi dari segi jadwal. Maupun kepastian serta keamanan dari para wisatawan kedua negara tersebut.

Sandiaga menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, khususnya mengenai penerbangan dari Moskow ke Bali. Pasalnya, kebanyakan turis dari Rusia dan Ukraina ini cukup banyak datang ke Pulau Dewata tersebut.

"Kami terus berkoordinasi, saya juga masih berkomunikasi dengan rekan-rekan yang lagi mengurus rencana penerbangan langsung Moskow-Bali atau Moskow Denpasar. Namun tentunya ini semua akan kita evaluasi dari hari ke hari," ungkapnya.

Baca juga: Wirda Mansur Ngaku Ada Kesalahan tentang Lulusan Universitas Oxford

Di samping itu Kemenparekraf dan Kementerian Luar Negeri pun terus berusaha, agar konflik antara Rusia dan Ukraina ini tidak berdampak ataupun mengganggu terhadap pemulihan pariwisata di Indonesia yang saat ini tengah disusun agar bangkit kembali pasca pandemi.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1651 seconds (10.177#12.26)