Wisata Pantai di Sumatera yang Wajib Dikunjungi, Cocok untuk Keluarga

Jum'at, 04 Maret 2022 - 13:51 WIB
loading...
Wisata Pantai di Sumatera yang Wajib Dikunjungi, Cocok untuk Keluarga
Mulai dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alam yang memanjakan mata dan menjadi tujuan wisatawan domestik maupun internasional. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Mulai dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alam yang memanjakan mata dan menjadi tujuan wisatawan domestik maupun internasional. Pulau Sumatera adalah salah satu pulau yang menawarkan beragam wisata alam yang menakjubkan. Dari mulai gunung, gurun, air terjun, hingga pantai.

Dilansir dari beberapa sumber, terdapat beberapa wisata pantai di Pulau Sumatera yang paling cocok dimasukkan ke dalam list liburan dan pas dikunjungi Anda dan keluarga. Berikut diantaranya:

1. Pantai Iboih, Aceh

Pantai ini terletak di sebelah barat Pulau Weh, ujung barat Pulau Aceh. Dikutip dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Pantai Iboih sering disebut sebagai Teupin Layeu. Air lautnya yang jernih dan memiliki warna gradasi hijau biru, ditambah hamparan pasir putihnya yang bersih dan dikelilingi oleh hutan lindung, membuat Iboih laksana wahana surga yang bernuansa tenang dan damai. Aktivitas yang biasa dilakukan di Pantai Iboih Aceh adalah menyelam dan snorkeling, karena pantai ini memiliki gelombang laut yang tenang.


2. Pantai Sorake, Nias

Pantai Sorake terletak di Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Pantai Sorake adalah surganya pantai bagi pecinta surfing. Pantai Sorake ini terletak di Nias yang masuk ke dalam Top 10 tempat surfing terbaik di dunia bahkan digadang-gadang nomor 2 di dunia setelah Hawai. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara mencatat ketinggian ombak di pantai ini mencapai 10 – 12 meter.

3. Pantai Carocok, Sumatera Barat

Pantai Carocok terletak di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jika berkunjung ke pantai Carocok ini, snorkeling adalah salah satu kegiatan yang banyak digemari. Bagi Anda penikmat sunset, Pantai Carocok juga merupakan tempat yang damai dan tenang untuk menikmati sunset indah dan menyejukkan mata.

4. Pantai Panjang, Bengkulu

Pantai Panjang terletak di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, & Kecamatan Ratu Samban, Bengkulu. Pantai Panjang menyajikan pemandangan pasir putih yang disertai dengan alunan ombak yang memukau. Di sepanjang pantai terdapat hamparan pasir putih yang sangat mengagumkan. Terdapat banyak pohon pinus dan cemara yang tumbuh di sekitaran pantai, sehingga menjadi sebuah keunikan tersendiri yang mungkin tidak bisa ditemui di pantai-pantai lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)