Mencicipi Cita Rasa Unik Sate Malaysia, Manis dan Kaya Rempah

Minggu, 06 Maret 2022 - 11:21 WIB
loading...
Mencicipi Cita Rasa Unik Sate Malaysia, Manis dan Kaya Rempah
Tak hanya di Indonesia, tetangga serumpun Malaysia juga memiliki menu sate di khasanah kulinernya. Foto/MPI/Lintang Tribuana
A A A
LANGKAWI - Tak hanya di Indonesia, tetangga serumpun Malaysia juga memiliki menu sate di khasanah kulinernya. Sate khas Negeri Jiran ini memiliki keunikan yang menonjolkan cita rasa manis yang juga kaya rempah-rempah.

MNC Portal berkesempatan mencicipi sate Malaysia ini saat berkunjung ke Langkawi, pulau dalam negara bagian Kedah Darul Aman, Malaysia, belum lama ini. Tepatnya di Restoran Berapi Ikan Bakar Seafood, yang lokasinya sekitar 14 menit dari Bandara Internasional Langkawi, jika ditempuh dengan kendaraan.

Baca Juga: sate maranggi
Saat sate mulai dikunyah, rasa dominan yang dirasakan oleh lidah adalah manis. Setelah itu, baru terasa berbagai macam rempah-rempah yang menyerap sempurna ke dalam daging. Ternyata, rasa manis dan rempah-rempah yang sangat kuat ini berasal dari proses marinasi daging sebelum dibakar. Marinasi dilakukan dengan waktu yang cukup lama agar bumbu menyerap sempurna.





"Bumbu marinasinya adalah terdiri daripada serai, jahe, bawang merah, lengkuas, ketumbar, jintan manis, jintan putih, dan gula yang didiamkan bersama daging ayam atau sapi minimal 6 jam sebelum ditusuk pada lidi lalu dibakar," terang Haryanti, TM Jakarta Liason Officer kepada MNC Portal dalam Fam Trip Travel Bubble Langkawi, Jumat (4/3/2022) lalu.

Kemudian sate dihidangkan bersama lontong nasi serta kuah kacang yang menurut Haryanti, memiliki bahan dasar kacang tanah, cabai kering, dan santan. Biasanya gula merah juga ditambahkan untuk menambah warna dan rasa kuah sate.

Harga sate Malaysia yang disajikan di Restoran Berapi Ikan Bakar Seafood ini cukup murah, karena per tusuk hanya dibanderol RM1 atau setara dengan Rp3.400. Anda bisa menjadikan sate ini sebagai pilihan kuliner saat berpelesir ke Negeri Jiran.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)