Mengandung Antioksidan, Air Hidrogen Dinilai Mampu Cegah Covid-19

Senin, 15 Juni 2020 - 20:02 WIB
loading...
Mengandung Antioksidan, Air Hidrogen Dinilai Mampu Cegah Covid-19
Inhalasi dan minum air hidrogen dapat memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh untuk daya tahan tubuh saat beraktivitas di new normal. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Memiliki daya tahan tubuh yang baik untuk mencegah paparan Covid-19 saat era new normal sangatlah penting. Sistem imun yang kuat sudah terbukti menjadi satu-satunya cara terhindar dari Covid-19. Saat keadaan new normal, masyarakat diharapkan bisa beraktivitas seperti biasa.

(Baca juga: Cara Sehat Naik Ojol Selama Pandemi )

Namun, seperti diungkapkan Dokter Spesialis Bedah Saraf dan Kepala IGD Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta, dr. Bintang Cristo Fernando, Sp.BS, seluruh masyarakat tetap harus menjaga aturan social distancing, menggunakan masker, perilaku hidup bersih sehat (PHBS) serta menjaga daya tahan tubuh tetap tinggi.

Menurutnya, mengonsumsi makanan bergizi tinggi, berolahraga teratur, mengonsumsi tambahan makanan dan minuman yang sifatnya mempercepat pemulihan sel-sel tubuh --antiinflamasi, antioksidan, dan regenerasi sel- sangat dianjurkan.

"Waktu new normal berlaku, saat beraktivitas kemungkinan besar akan ada ditemukan virus Covid-19 di sekitar kita, sehingga sudah pasti pola hidup kita yang selama ini kurang baik, dan kurang tepat harus diubah sesuai dengan anjuran pemerintah tentang aturan new normal," kata dr. Bintang, yang juga tenaga medis Covid-19, dalam sebuah pernyataan, Senin (15/6).

"Jika kita tidak menjaga imunitas saat hidup berdampingan dengan virus Covid-19, maka kita termasuk dalam orang yang berisiko tinggi terinfeksi virus ini," tambahnya.

(Baca juga: Jaga Kebugaran, Yuk Tetap Olahraga Meski di Rumah Saja )

Asupan antioksidan dapat menjaga imunitas tubuh tetap tinggi. Antioksidan bekerja di dalam tubuh di tingkat selular untuk membantu menyingkirkan berbagai jenis radikal bebas, mengurangi reaksi radang dan memperbaiki serta membantu memulihkan sel yang rusak. "Untuk itu sangat penting mengonsumsi antioksidan saat masa new normal ini," ucap dokter yang pernah menjadi tim medis di Department Medical & Doping Control INASGOC Asian Games 2018 ini.

Selain buah dan sayur, antioksidan juga bisa didapat dari air hidrogen. Menurut dr. Bintang, hidrogen merupakan salah satu sumber antioksidan alami yang sudah diteliti banyak peneliti di dunia akan manfaatnya terhadap kesehatan, karena antioksidannya tinggi. "Hidrogen diteliti mampu untuk mengurangi reaksi peradangan di tingkat selular, melawan dan mengatasi zat-zat oksidan yang merusak sel, mengurangi radikal bebas di dalam sel serta mampu memperbaiki dan mempercepat proses pemulihan sel. Apalagi bila dikonsumsi rutin setiap hari serta dalam jumlah konsentrasi yang tinggi," jelasnya.

Air hidrogen, ujar dr. Bintang, tidak beracun, tidak berbau dan berat molekulnya sangat ringan. Selain itu, mempunyai efek anti inflamasi, antioksidan dan mempercepat proses perbaikan dan regenerasi sel tubuh. "Manfaatnya saat new normal dapat meningkatkan dan menjaga agar imunitas tubuh kita lebih kuat, tidak rentan terhadap penyakit dan juga dapat melindungi dari berbagai penyakit lain, sehingga kita dapat lebih leluasa bekerja dan berkarya di masa new normal ini," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)