Beberapa Bahan Alami Ini Bisa Digunakan sebagai Antibiotik

Selasa, 16 Juni 2020 - 01:41 WIB
loading...
Beberapa Bahan Alami Ini Bisa Digunakan sebagai Antibiotik
Kandungan curcumin dalam kunyit adalah senyawa bioaktif yang memiliki sifat antimikroba. / Foto: ilustrasi/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Pernahkah terlintas dalam benak Anda bagaimana manusia di zaman kuno mengobati tubuhnya dari infeksi bakteri? Sementara antibiotik pertama buatan manusia baru ditemukan pada 1928. Ya, orang-orang kuno ternyata menggunakan antibiotik dari bahan-bahan alami .

(Baca juga: Catat, Belum Ada Obat Herbal yang Bisa Menyembuhkan Corona )

Antibiotik sering digunakan untuk membunuh bakteri dan menghambat pertumbuhannya. Sementara itu antiobotik dengan bahan alami bisa dikatakan adalah yang terbaik karena tanpa efek samping. Dan berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai antibiotik seperti dilansir Boldsky.

1. Bawang Putih

Antibiotik alami ini dapat membantu mengurangi kemungkinan keracunan makanan karena bawang putih memiliki sifat antibakteri terhadap banyak jenis bakteri, terutama staphylococcus aureus.

2. Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit adalah senyawa bioaktif yang memiliki sifat antimikroba. Dalam sebuah penelitian, curcumin menunjukkan kualitas antibakteri terhadap beberapa bakteri gram positif dan gram negatif.

(Baca juga: Beresiko Tingkatkan Penyakit Kronis, Jangan Sepelekan Kegemukan )

3. Madu

Madu ternyata telah dikenal sejak zaman kuno karena memiliki khasiat penyembuhan antibakterinya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1573 seconds (11.252#12.26)