Sport Tourism Menggeliat di Bukit Teletubbies Labuan Bajo

Senin, 15 Juni 2020 - 22:32 WIB
loading...
Sport Tourism Menggeliat di Bukit Teletubbies Labuan Bajo
Anggota klub bersepeda Gowes Komodo Labuan Bajo berfoto usai menjajal track di Bukit Teletubbies, Labuan Bajo, NTT, pada Minggu (14/6). Foto/MNCMedia/Yoseph Mario Antognoni
A A A
LABUAN BAJO - Siapa yang tak mengenal Labuan Bajo . Selain dikenal sebagai tempat asal Komodo, Labuan Bajo juga menyimpan keindahan alam yang menakjubkan.

Gugusan pulau kecil di Taman Nasional Komodo yang membentang indah serta dipagari hamparan pasir putih yang memanjakan mata, tentu sangat mudah menarik wisatawan untuk berkunjung. Dengan wisata bawah laut nan memesona serta ribuan spesies ikan dan terumbu karang yang mampu menghipnotis mata setiap diver dari seluruh dunia, menjadikan Labuan Bajo salah satu tempat yang paling diminati wisatawan.

Namun, di balik semua keindahan itu, akhir-akhir ini warga Labuan Bajo dan sekitarnya seakan dibuat berpaling dari sisi keindahan alam yang ada. Kini muncul sebuah spot wisata baru yang selama ini terabaikan. Letaknya yang hanya berjarak 15 menit dari Kota Labuan Bajo serta akses masuk yang ditopang infrastruktur jalan yang baik, menjadikan tempat tersebut ramai dikunjungi.

Bukit Teletubbies. Nama yang mengingatkan kita pada sebuah tayangan anak-anak yang populer di akhir 1990 hingga awal 2000-an itu belakangan sering disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga maupun sahabat. ( )

Bukit Teletubbies terletak di Kampung Lemes, Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sebelum berhasil "menghipnotis" semua orang berkat keindahannya, bukit ini lebih dulu dikenal dengan nama Golo Lemes (Bukit Lemes). Nama “Teletubbies" diberikan karena lekukan serta gundukan tanah perbukitan yang menyerupai gunung kecil disertai pemandangan hijau rerumputan di sini tampak seperti pada film Teletubbies. Gunung kecil itu sendiri terletak di sebuah bukit dan peternakan di Wimpstone, Warwickshire, Inggris.

Bukit Teletubbies di Labuan Bajo mulai ramai dikunjungi warga lokal sejak pertengahan Mei lalu. Lansekap perbukitan yang indah dan sejuk ini menjadi pilihan warga untuk sejenak melepas "kejenuhan" selama masa pandemi corona. Selain dijadikan spot wisata dan berfoto, Bukit Teletubbies juga dapat dijadikan lokasi untuk berolahraga sambil menikmati pemandangan yang indah.

Seperti dilakukan oleh salah satu klub sepeda di Labuan Bajo bernama Gowes Komodo Labuan Bajo. Klub yang terbentuk hampir satu tahun ini memilih Bukit Telletubbies yang sedang viral sebagai spot baru untuk menyalurkan hobi hidup sehat. Selain bertujuan agar tetap fit dan sehat selama pandemi, klub Gowes Komodo juga ikut membantu mempromosikan keindahan Bukit Telletubbies kepada khayalak luas.

Sport tourism melalui kegiatan bersepeda ini bisa menjawab tantangan dunia pariwisata di masa pandemi. Jika melihat ekonomi China yang terkontraksi 6%, Italia -4,7%, dan Korea Selatan 1,4%, Indonesia masih tumbuh 2,97%. Indonesia mesti sehat, pariwisata pun harus berkembang agar ekonomi tidak terkontraksi lebih dalam lagi. Kontraksi ekonomi bisa mengakibatkan efek domino bagi masyarakat.

Saat ditemui di Bukit Telletubbies pada Minggu (14/6), klub yang beranggotakan 50 orang dan berasal dari berbagai latar pekerjaan itu tengah menjajal lekukan bukit yang cukup memacu adrenalin. ( )

Klub ini mengawali kegiatan dengan menempuh jarak sekitar 15 kilometer. Kegiatan bersepeda ini dapat memberikan pengalaman yang berbeda. Sarana infrastruktur yang memadai dengan track aspal yang bagus, keindahan pemandangan perbukitan, area persawahan di sepanjang perjalanan, serta udara yang segar mampu memberikan pengalaman bersepeda yang beda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4060 seconds (0.1#10.140)