Tingkatkan Imunitas Tubuh Anak di Tengah Pandemi Covid-19, Dokter: Harus Cukup Tidur

Kamis, 10 Maret 2022 - 12:30 WIB
loading...
Tingkatkan Imunitas Tubuh Anak di Tengah Pandemi Covid-19, Dokter: Harus Cukup Tidur
Dokter spesialis anak mengungkapkan ada beberapa langkah untuk meningkatkan imunitas tubuh anak di tengah pandemi Covid-19. Diantaranya dengan memperhatikan waktu istirahat anak. Foto/Ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Dokter spesialis anak mengungkapkan ada beberapa langkah untuk meningkatkan imunitas anak dengan memperhatikan waktu istirahat anak. Bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami di tengah berkembangnya virus Covid-19.

"Sistem imun didapatkan saat tidur jadi syarat meningkatkan imunitas harus cukup tidur," ujar Prof, Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp.A (K), M.Tropaed, Dokter spesialis anak konsultan penyakit infeksi dan tropis yang berpraktik di RS Pondok Indah dalam webinar, Kamis (10/3/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa banyak artikel yang dapat dibaca sebagai tambahan informasi untuk meningkatkan imunitas anak. Mengonsumsi vitamin C dan B3 banyak penelitian mengatakan dapat meningkatkan atau menjaga sistem kekebalan tubuh pada anak.

Dia menerangkan bahwa diluar dari suplemen atau vitamin yang dikonsumsi, menurutnya makanan sehat sangat lah penting. Mengonsumsi unsur hewani dan nabati, seperti ikan dan sayur dan lainnya menjadi hal utama untuk memenuhi asupan sehat dan berolahraga, justru dapat meningkatkan imunitas dengan baik.



"Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalau dari saya ya unsur makan hewani dan nabati setiap hari, minum vitamin, olahraga dan berjemur," jelasnya

Di sisi lain, dokter spesialis anak lainnya, juga mengatakan bahwa orang tua harus menghindarkan anak-anak dari tempat atau lingkungan yang memicu terjadinya selesma (penyakit serupa flu).

"Sebaiknya kita waspada kalau ada orang disekitar kita bergejala selesma, terutama kalau kita tinggal bersama dengan lansia, komorbid atau balita. Gejala penyakit lebih berat," kata Dr. Robert Soetandio, SpA, M.Si.Med.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)