Omicron Menular Setidaknya Selama 6 Hari, Waspada!

Sabtu, 12 Maret 2022 - 08:02 WIB
loading...
Omicron Menular Setidaknya Selama 6 Hari, Waspada!
Pasien yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron menular setidaknya selama enam hari. Temuan ini berdasarkan studi baru yang meninjau sampel darah dari 56 pasien. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Pasien yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron menular setidaknya selama enam hari. Temuan ini berdasarkan sebuah studi baru yang meninjau sampel darah dari 56 pasien, termasuk 37 orang yang terinfeksi varian Delta dan 19 yang terinfeksi Omicron.

Dilansir dari Times of India, Sabtu (12/3/2022) peneliti menemukan para pasien terlepas dari variannya menularkan virus hidup. Di mana rata-rata, sekitar 6 hari setelah gejala muncul dan sekitar satu dari empat orang melepaskan virus hidup selama lebih dari 8 hari.

Dr. Amy Barczak, rekan penulis studi yang bekerja di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston mengatakan bahwa peneliti tidak mengetahui secara pasti berapa banyak virus hidup yang diperlukan untuk menyebarkan penyakit ke orang lain.

"Kami mengambil data ini untuk menunjukkan bahwa orang dengan infeksi Covid-19 ringan dapat menular rata-rata selama 6 hari, dan terkadang lebih lama," kata Amy.




Amy menjelaskan bahwa keputusan tentang isolasi dan karantina harus mempertimbangkan hasil studi tersebut, terlepas dari varian atau status vaksinasi sebelumnya.

Di sisi lain, Dr. Rochelle Walensky, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengungkapkan pada akhir Desember bahwa orang yang memiliki gejala Omicron menularkan virus.

Menurut Walensky, dalam satu sampai dua hari sebelum timbulnya gejala dan kemudian dalam dua sampai tiga hari setelah timbulnya gejala sebelumnya merupakan waktu di mana sebagian besar penularan terjadi.

"Jadi dalam jendela lima hari itu benar-benar di mana sebagian besar transmisi itu terjadi," ungkap Walensky.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)