Malam Anugerah Oscar 2021 Diundur Hingga April Mendatang

Selasa, 16 Juni 2020 - 12:31 WIB
loading...
Malam Anugerah Oscar 2021 Diundur Hingga April Mendatang
Malam penganugerahan Academy Awards atau Oscar yang sedianya digelar pada 28 Febuari tahun depan diundur menjadi 21 April 2021 akibat pandemi Covid-19. (Variety)
A A A
Malam penganugerahan Academy Awards atau Oscar yang biasanya digelar pada Februari mengalami perubahan pada perayaannya tahun depan. Pada 2021, Oscar akan digelar pada 25 April. Sebelumnya, perhelatan ini dijadwalkan dilangsungkan pada 28 Februari.

Pengunduran perayaan ini akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan kekacauan pada jadwal perilisan film sepanjang 2020. Sejumlah film bahkan ditayangkan secara streaming dan lainnya diundur penayangannya hingga tahun depan. Pengunduran jadwal ini juga merupakan langkah Academy untuk memberi waktu bagi para pembuat film agar bisa merilis filmnya di bioskop. Bioskop utama di seluruh Amerika Utara tutup sejak Maret lalu akibat virus corona. Demikian juga dengan sebagian besar bioskop di seluruh dunia yang memilih tutup untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Selama lebih dari satu abad, film telah memainkan peranan penting dalam menenangkan, menginspirasi dan menghibur kita selama masa-masa tersuram. Mereka jelas punya ini tahun ini. Harapan kami, dengan memperpanjang periode kelayakan dan tanggal Awards kami, adalah untuk memberikan fleksibilitas bagi pembuat film yang membutuhkan untuk menyelesaikan dan merilis film mereka tanpa dihukum atas sesuatu di luar kendali siapa pun. Oscar yang akan datang dan pembukaan museum baru kami akan menandai sebuah momen bersejarah, dengan mengumpulkan para penggemar film seluruh dunia untuk bersatu melalui sinema,” ungkap Presiden Academy David Rubin dan CEO Academy Dawn Hudson dalam sebuah pernyataan yang dikutip Movie Web.

Academy juga mengumumkan bahwa gala Governors Awards juga ditunda hingga pengumumkan lebih lanjut. Event ini awalnya dijadwalkan digelar pada musim gugur mendatang. Sementara, Academy Museum of Motion Pictures yang sudah lama dinantikan akan dibuka bersamaan dengan malam penganugerahan Oscar pada April 2021. Namun, format upacara Oscar yang akan digelar di Dolby Theatre di Hollywood itu belum ditentukan. Acara ini akan disiarkan ABC.

“Kami menemukan diri kami di wilayah yang belum terpetakan tahun ini dan akan terus bekerja dengan mitra kami di Academy untuk memastikan pertunjukan pada tahun depan nanti aman dan merupakan event perayaan yang juga menangkap kegembiraan atas pembukaan Academy Museum of Motion Pictures,” papar Presiden ABC Entertainment Karey Burke yang dikutip Variety.

Selain itu, presentasi Scientific and Technical Awards yang seharusnya digelar pada 20 Juni mendatang juga diundur. Kabar ini muncul setelah Academy of Motion Pictures Arts and Sciences mengumumkan perubahan pada masa depan terkait keberagaman. Academy memasukkan sutradara Ava DuVernay dan produser Lynette Howell Taylor ke dewan gubernur sementara juga mengumukan standar kelayakan baru.

Keberagaman akan menjadi persyaratan untuk Oscars mulai setelah event 2021. Belum jelas apa langkah yang akan diambil Academy saat itu. Namun, banyak yang berasumsi mereka akan mengikuti langkah British Film Institute yang pertama mengadopsi perubahan keberagaman ini.

Sementara, Academy telah merilis peraturan kelayakan tanggal perilisan film. Sebuah film fitur harus memiliki tanggal rilis antara 1 Januari 2020—28 Februari 2021. Batas waktu pengumpulan untuk kategori khusus—film fitur animasi, fitur dokumenter, dokumenter pendek, film fitur internasional, film animasi pendek dan film live action pendek—adalah 1 Desember 2020. Batas waktu pengumpulan bagi kategori entri umum—termasuk film terbaik, score asli terbaik dan lagu soundtrack terbaik—adalah 15 Januari 2021.

Sebagai efek domino, BAFTA telah memindahkan tanggal Film Awards 2021 mereka. Penghargaan ini akan digelar pada 11 April, atau dua pekan sebelum Oscar. Namun, Hollywood Foreign Press Association belum memiliki keputusan akhir terkait tanggal perhelatan Golden Globes. Penghargaan ini biasanya digelar sebelum Oscar.

Ini adalah kali keempat Oscar ditunda penyelenggaraannya sejak dimulai pada 1929. Banjir besar di Los Angeles membuat event ini tertunda pada 1938. Setelah itu, 30 tahun kemudian, pergelaran ini kembali ditunda setelah pembunuhan Dr Mari Luther King Jr. Terakhir kali Oscar ditunda adalah pada 1981 setelah percobaan pembunuhan terhadap presiden Ronald Reagan.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)