Rilis Single Komitmen, Geisha Ditinggal Sang Drummer

Selasa, 16 Juni 2020 - 17:30 WIB
loading...
Rilis Single Komitmen, Geisha Ditinggal Sang Drummer
Perilisan single terbaru Geisha, Komitmen, juga dibarengi dengan hengkangnya sang drummer, Ahmad Rasyid alias Aan, yang telah bersama band itu sejak 2003. (Instagram/Roby Geisha)
A A A
JAKARTA - Seiring perilisan single terbaru mereka, Komitmen, Geisha juga memiliki kabar yang mengejutkan. Drummer mereka, Ahmad Rasyid alias Aan, memutuskan hengkang dari band yang telah berdiri sejak 2003. Meski begitu, band asal Pekanbaru itu tetap tak kehilangan semangat berkarya mereka. Di single ini, Geisha tampil dengan format 4 personel, yaitu Regina (vokal), Dhan (keyboard), Roby (gitar) dan Nard (bass).

Ini bukanlah kali pertama Geisha ditinggalkan salah satu personelnya. Pada Juli 2018, vokalis mereka, Narova Morina Sinaga alias Momo, hengkang dari band tersebut. Posisinya kemudian digantikan Regina Poetiray, jebolan The Voice Indonesia 2016.

Kepergian Aan ini pula yang menginspirasi Roby untuk membuat lagu berjudul Komitmen ini. Lagu itu sangat terkait kondisi mereka saat ini yang tersisa 4 personel.

"Pesan lagu ini sangat relate dengan kondisi saat ini, karena kami jadi mengingat kembali komitmen waktu awal membentuk Geisha dan kebetulan pesan single ini pas dengan kondisi kita sekarang ini. Meski tinggal berempat karena Aan keluar, tapi kita tetap komitmen dalam berkarya," ujar Roby dalam sambungan telepon kepada SINDOnews.com, Selasa (16/6).

Lebih lanjut Roby mengatakan lagu ini menjadi langkah baru dalam perjalanan musik Geisha. "Kami harus tetap konsisten menjadi musisi yang bisa menghibur seluruh pendengar musik, walau terjadi perubahan formasi," ucapnya.

Lantas apa yang membuat Aan hengkang dari band yang telah membesarkan namanya tersebut?

Kepada SINDOnews, Roby menuturkan, Aan memiliki kesibukan atau urusan di luar musik. Kondisi ini membuat Aan tidak hanya memikirkan Geisha. Selain itu, dia juga sudah berkeluarga dengan dua anak dan ingin fokus dengan keluarga. Setelah banyak pertimbangan, Aan akhirnya memilih fokus di pekerjaan barunya agar bisa lebih seimbang antara pekerjaan dan keluarga.

"Kita hargai keputusan Aan itu karena personel lain, terutama personel Geisha, belum sampai ke fase keluarga tersebut. Jadi, kita hargai keputusannya. Yang perlu saya tegaskan dan diketahui oleh semua orang, kita semua hubungan baik-baik saja, nggak ada masalah apa-apa. Cuma memang menurut kita, itu sesuatu yang abadi itu ya perubahan, termasuk perubahan kita hari ini. Tapi, kita juga hargai Aan tetap support kita, bantu recording dan lainnya," tutur Roby.

Roby menegaskan, keluarnya Aan tidak berpengaruh pada kelangsungan berkarya Geisha. Menurut Roby, pengalaman beberapa kali ditinggal personel bisa memberikan contoh kepada musisi lain untuk tetap bisa terus berkarya. Mereka tetap bisa melanjutkan cita-cita awal terbentuknya band di mana karya mereka tetap dikenang meski ada personel yang datang dan pergi.

"Ketidakterlibatan satu atau beberapa personel tak menghalangi kita untuk terus berkarya. Jangan sampai kehilangan satu orang mimpi kita tak bisa dilanjutkan. Sejauh ini kita berkomitmen membawa cita-cita kami bersama waktu awal membentuk band ini kita ingin agar lagu-lagu karya kita memorable, selalu dikenang. Dari awal punya prinsip manusia mati tinggalkan nama, jadi kita nggak ada, karya itu tetap dikenang apapun yang terjadi. Meski Momo dan Aan, nggak ada, kita tetap membawa cita-cita ini bersama dengan personil saat ini," papar Roby.

Saat ini, mereka mendapatkan Andri sebagai drummer pengganti Aan saat mereka manggung. Andri dinilai memiliki kualitas yang pas dengan Geisha. Apalagi, Andri direkomendasikan langsung oleh Aan untuk menggantikannya. Andri adalah mantan drummer band Tiket. Dia sempat beberapa kali manggung bersama Geisha. Andri akan menjadi penggebuk drum Geisha saat tampil di Neno Fest jelang akhir bulan ini.

Sementara itu, lagu Komitmen menjadi bukti eksistensi Geisha di industri musik. Lagu ciptaan Roby ini bercerita tentang hubungan sepasang kekasih yang butuh waktu bersama karena salah satu dari mereka sibuk dengan dunianya sendiri, hingga akhirnya sang kekasih mempertanyakan komitmen yang ada. Lagu Komitmen telah bisa dinikmati di seluruh digital music platform serta video lirik sudsh tersedia di akun YouTube Channel Musica Studios.

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)