5 Makanan untuk Penderita TBC, Bantu Percepat Kesembuhan

Jum'at, 18 Maret 2022 - 18:53 WIB
loading...
5 Makanan untuk Penderita TBC, Bantu Percepat Kesembuhan
Makanan untuk penderita tuberkulosis (TBC) harus gizi seimbang dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Hal tersebut bertujuan agar bisa membantu kesembuhan. Foto/Times Now
A A A
JAKARTA - Makanan untuk penderita tuberkulosis (TBC) diharuskan gizi seimbang dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian penderita. Hal tersebut bertujuan agar bisa membantu mempercepat kesembuhan penderita TBC.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan TBC disebabkan oleh bakteri (mycobacterium tuberculosis) yang paling sering menyerang paru-paru. TBC dapat disembuhkan dan dicegah.

TBC menyebar dari orang ke orang melalui udara. Ketika penderita TBC batuk, bersin atau meludah, mereka mendorong kuman TBC ke udara. Seseorang hanya perlu menghirup beberapa kuman ini untuk terinfeksi.

Berikut daftar makanan untuk penderita TBC seperti dirangkum dari Sehatq, Jumat (18/3/2022).


1. Sayuran

Sayuran merupakan makanan untuk penderita TBC yang sangat membantu dalam pemulihan karena mengandung zat besi dan vitamin B. Segala jenis sayur baik dikonsumsi oleh penderita TBC.

2. Buah-buahan

Buah-buahan juga terbukti baik untuk penderita TBC. Buah yang baik untuk penderita TBC, antara lain ceri, tomat, blueberry, dan buah-buahan berwarna cerah karena kandungan antioksidannya tinggi.


3. Makanan Tinggi Kalori

Penderita TBC juga dikasarankan mengonsumsi makanan tinggi kalori. Ini bertujuan untuk mempersiapkan cadangan energi agar bisa melawan infeksi. Makanan tinggi kalori ini bisa berasal dari kabrohidrat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1497 seconds (0.1#10.140)