Kaum Hawa Diajak Entaskan Stunting demi Ciptakan Generasi Emas

Sabtu, 19 Maret 2022 - 08:59 WIB
loading...
Kaum Hawa Diajak Entaskan Stunting demi Ciptakan Generasi Emas
Megawati Soekarnoputri berharap agar masyarakat Indonesia terutama kaum perempuan punya niat yang kuat untuk menciptakan generasi emas. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Mantan Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri berharap agar masyarakat Indonesia terutama kaum perempuan punya niat yang kuat untuk menciptakan generasi emas.

Hal tersebut demi terbentuknya masa depan yang lebih baik, termasuk mengentaskan masalah stunting .

Putri proklamator Soekarno itu pun menyoroti pentingnya program Keluarga Berencana (KB) yang sudah digagas sejak lama di negeri ini. Menurut Megawati, KB bukan hal yang harus dihindari.

Baca juga: Hotman Paris Bangga sang Anak Dampingi Rudy Salim: Mau Dong Jadi Mantunya

"Kaum perempuan memiliki tugas untuk melahirkan sehingga perempuan ini menjadi penuh tanggung jawab," ungkap Megawati dalam sebuah acara webinar, belum lama ini.

"Program KB bukan untuk memandulkan, tapi justru bisa memberikan perencanaan yang baik untuk membesarkan dan membangun anak-anak yang cerdas, sehat, dan pintar lahir batin," lanjutnya.

Dengan melahirkan generasi yang berkualitas, sambung Megawati, nantinya Indonesia bisa maju, dan ini bukan angan-angan belaka. Karena itu, dia amat berharap bagi masyarakat khususnya perempuan mau bersama-sama membangun generasi berkualitas.

Salah satu indikatornya adalah tidak adanya kasus stunting di negeri ini, termasuk masalah anemia. Politisi 75 tahun ini berharap agar harapan tersebut bisa tercapai.

Di sisi lain, hingga sekarang kasus stunting masih ada meski setiap tahunnya terus berkurang.

Penurunan stunting di Indonesia selama 8 tahun terakhir yaitu 2013-2021 masih berada di angka 2,0 persen khususnya tahun 2021, sedangkan untuk angka stunting adalah 24,4 persen. Padahal target RPJMN penurunan sebesar 14 persen atau 2,7 persen per tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)