Kerap Dapat Stigma Negatif, Pamor eSports Justru Melejit selama Pandemi

Minggu, 20 Maret 2022 - 09:33 WIB
loading...
Kerap Dapat Stigma Negatif, Pamor eSports Justru Melejit selama Pandemi
Project Manager Yamisok Tech Indo Arsya dalam siaran Podcast Aksi Nyata Ini Profesi Seputar eSport x Anak Millenial! di kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (19/3/2022). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Seiring dengan digitalisasi yang semakin maju, game online bisa dibilang semakin tenar di kalangan generasi muda, terutama Generasi Z yang saat ini mendominasi demografi.

Meski semakin tenar dan familiar, tak dipungkiri game online atau eSports masih punya stigma negatif di kalangan para orangtua. Tak sedikit orangtua yang menganggap hiburan seperti game online adalah aktivitas kurang bermanfaat dan bisa membuat kecanduan.



Seperti disampaikan Arsya, Project Manager Yamisok Tech Indo, stigma negatif game online dan eSports di masyarakat ini memang nyata.

“Stigma negatif eSports pasti sangat banyak. Saya pribadi misalnya, tiap event yang akademis itu pasti berbenturan dengan tenaga pendidik di sana. Stigma seperti ‘ngapain sih main games’, ‘main games merusak, dan lain-lain, itu ada,” ujar Arsya, dikutip dari Podcast Aksi Nyata “Ini Profesi Seputar eSport x Anak Millenial!” di kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (19/3/2022).



Tapi, seiring digitalisasi yang semakin modern saat ini, Arsya menyebut bahwa perkembangan industri game online atau eSports secara umum semakin berkembang pesat.

“Sekarang game online atau eSports sangat berkembang pesat, terutama di tengah pandemi. eSports jadi salah satu industri yang nggak terdampak karena pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Merujuk pada data user activity di Yamisok Tech Indo, Arsya membeberkan, selama kurun waktu pandemi Covid-19, justru aktivitas pengguna game online melesat hingga 120 persen.

“Dari user activity di Yamisok, kita melihat ada kenaikan 120 persen selama pandemi. Padahal sebelum masa pandemi, kenaikannya itu paling 10%-20%,” pungkas Arsya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2191 seconds (0.1#10.140)