Ahmad Dhani Keluar dari LMK WAMI, Pilih Urus Royalti Lagu Sendiri

Senin, 21 Maret 2022 - 10:18 WIB
loading...
Ahmad Dhani Keluar dari LMK WAMI, Pilih Urus Royalti Lagu Sendiri
Ahmad Dhani keluar dari Lembaga Manajemen Kolektif Wahana Musik Indonesia (LMK WAMI). Dhani memilih untuk mengurus royalti lagunya sendiri tanpa lembaga. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ahmad Dhani keluar dari Lembaga Manajemen Kolektif Wahana Musik Indonesia (LMK WAMI). Dhani memilih untuk mengurus royalti lagunya sendiri tanpa campur tangan lembaga tersebut.

"Saya mau menyampaikan kepada teman-teman mulai hari ini juga saya akan mengirim surat kepada WAMI bahwa saya akan mundur dari WAMI," kata Dhani di kawasan Jakarta baru-baru ini.

"Sehingga semua lagu karya saya benar-benar ada di tangan saya semua," sambungnya.

Mantan suami Maia Estianty itu menjelaskan alasannya keluar dari WAMI karena masalah transparansi. Dhani menyebut dirinya menerima royalti karyanya, namun tidak mengetahui rincian dari uang yang seharusnya diterima.


"Misalnya saya ditransfer Rp200 juta, saya nggak tahu dari mana aja itu. Saya nggak tahu dan nggak bisa ditanyain juga," jelas Dhani.

Selain itu, pentolan Dewa 19 ini juga kecewa lantaran ada stasiun televisi swasta yang pernah mengundang Ari Lasso , Andra Ramadhan, dan Judika . Ketiganya membawakan lagu Dewa 19 tanpa dirinya.

Tetapi WAMI juga tak berkutik. Sebab, pihak televisi swasta memang sudah mengurus perizinannya ke lembaga tersebut.

"Saya tidak diundang dan TV tersebut nyanyi lagu saya semua. Ngeselin nggak kira-kira? Dan WAMI tidak bisa berbuat apa-apa," ujar Dhani.


Setelah kuasa atas royalti dan distribusi penuh di tangannya, suami Mulan Jameela itu akan menuntut pihak yang menggunakan karya-karyanya tanpa persetujuan tertulis darinya.

"Maka dari itu saya umumkan sekarang kalau ada TV swasta atau EO mengadakan acara tanpa ada persetujuan tertulis dari saya, yaitu Ahmad Dhani, saya akan tuntut, saya akan charge," ungkap Dhani.

"Jadi siapapun yang menyanyikan lagu saya, saya tegaskan, saya tidak ingin terdaftar di WAMI. Harus izin ke saya untuk menghubungi," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)