Berkat MotoGP 2022, Sandiaga Uno: Mandalika Semakin Dilirik Beberapa Penyelenggara Balap Dunia

Senin, 21 Maret 2022 - 13:55 WIB
loading...
Berkat MotoGP 2022, Sandiaga Uno: Mandalika Semakin Dilirik Beberapa Penyelenggara Balap Dunia
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan saat ini sudah mulai banyak penyelenggara balap dunia yang berminat dan tertarik untuk menyelenggarakan event balap lainnya di Pertamina International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, bahwa saat ini sudah mulai banyak penyelenggara balap dunia yang berminat dan tertarik untuk menyelenggarakan event balap lainnya di Pertamina International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal tersebut tak lain merupakan dampak positif dari ajang MotoGP, yang juga mengundang perhatian mata dunia. Indonesia dianggap berhasil menyelenggarakan event balap kelas dunia. Bahkan sirkuit yang berada di salah satu dari 5 destinasi super prioritas Indonesia itu, dinilai sebagai sirkuit dengan pemandangan tercantik di dunia.

Sandiaga melanjutkan, Federasi Olahraga Sepeda Motor Dunia (FIM) telah menetapkan sirkuit tersebut dalam klasifikasi grade A berdasarkan hasil homologasi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"Saat saya ingin menyerahkan pemenang Moto2, saya duduk dengan salah satu petinggi FIM yang menyatakan ada beberapa balapan tingkat internasional yang sudah menaruh perhatian kepada Mandalika," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3/2022).



Sandiaga menuturkan, termasuk ada beberapa komunitas otomotif yang ingin menggagas test drive di dalam sirkuit. Di mana hal ini disertai dengan standar keamanan yang tinggi, serta dikatakannya jamak dilakukan pengelola sirkuit di dunia.

Sandiaga menambahkan, dengan adanya perhatian dunia tentang Pertamina International Street Circuit merupakan hal yang sangat positif. Khususnya bagi kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf), termasuk sport tourism di Indonesia.

MotoGP Mandalika 2022 sendiri menjadi nation branding kuat yang akan memberikan dampak terhadap kebangkitan ekonomi nasional dengan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

"Tapi tentu kita harus review dulu hasil dari MotoGP ini. Perbaikan yang harus kita lakukan," katanya.

Kemenparekraf sendiri telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, di mana akan memastikan keberlanjutan sirkuit dengan menyiapkan berbagai event lainnya.

Sandiaga bilang, bahwa pihaknya sudah siap karena selain dari kegiatan motor sport baik itu mobil maupun balapan motor, juga akan ada event sport lainnya seperti sepeda, lari, dan sudah banyak peminat yang ingin mencoba sport-sport tersebut.

"Jadi kunci dari keberlanjutan pengelolaan (sirkuit) Mandalika adalah pengelolaan event yang terus berlangsung, berkelanjutan. Kita harus gerak cepat, 1 sampai 2 pekan ini mungkin kita ingin evaluasi dan setelah itu mulai langsung (persiapkan)," tuturnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)