5 Negara Produsen Kopi Terbesar di Dunia, Nomor 4 Juaranya

Rabu, 23 Maret 2022 - 15:50 WIB
loading...
5 Negara Produsen Kopi Terbesar di Dunia, Nomor 4 Juaranya
Ada beberapa negara produsen kopi terbesar di dunia. Negara-negara penghasil teratas masing-masing memproduksi miliaran kilogram biji kopi ke tangan konsumen. Foto/The Countries Of
A A A
JAKARTA - Ada beberapa negara produsen kopi terbesar di dunia . Negara-negara penghasil teratas masing-masing memproduksi miliaran kilogram biji kopi yang sampai ke tangan konsumen.

Menurut Organisasi Kopi Internasional, total 169,6 juta kantong kopi seberat 60 kilogram diproduksi di seluruh dunia pada 2020. Pada akhir 2020, 10 besar negara penghasil kopi terbesar menguasai 87 persen pangsa pasar komoditas tersebut.

Selain itu, lebih dari 70 negara memproduksi kopi, tetapi mayoritas output global hanya berasal dari lima negara. Sementara itu, Di banyak kota di seluruh dunia, ada kafe di setiap sudutnya, jadi tidak mengherankan jika kopi adalah salah satu komoditas utama dunia.

Sebagai minuman ketiga yang paling banyak dikonsumsi secara global, setelah air putih dan teh, biji kopi sangat diminati hampir di mana-mana. Dengan iklim yang bervariasi dari satu negara ke negara lain, penanaman biji kopi tidak cocok untuk semua tempat.


Artinya, ada beberapa negara penghasil kopi terkemuka di dunia yang mampu menghasilkan lebih banyak dari yang lain. Berikut daftar negara produsen kopi terbesar di dunia seperti dilansir dari Visual Capitalist, Rabu (23/3/2022).

1. Brasil

Brasil memproduksi hampir 40 persen dari pasokan kopi dunia. Banyak daerah di Brasil memiliki iklim yang sangat kondusif untuk pertanian kopi. Perkebunan kopi mencakup sekitar 27.000 kilometer persegi Brasil, dengan mayoritas berlokasi di Minas Gerais, Sao Paulo, dan Parana.

Brasil membedakan dirinya dari kebanyakan negara penghasil kopi lainnya dengan mengeringkan buah kopi di bawah sinar matahari (kopi yang tidak dicuci) daripada mencucinya.

Negara ini sangat berpengaruh terhadap produksi kopi sehingga karung goni seberat 60 kilogram yang secara historis digunakan untuk mengekspor biji dari Brasil masih menjadi standar dunia untuk mengukur produksi dan perdagangan.

2. Vietnam
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)