Viral! Peta di Busan Tampilkan Lokasi Rumah Nenek Jungkook BTS sebagai Obyek Wisata, Dicekam Warga

Rabu, 23 Maret 2022 - 23:59 WIB
loading...
Viral! Peta di Busan Tampilkan Lokasi Rumah Nenek Jungkook BTS sebagai Obyek Wisata, Dicekam Warga
Peta sebuah desa di Busan, Korea Selatan, mendadak viral dan menimbulkan kontroversi karena mengungkap lokasi rumah yang sempat ditinggali oleh nenek Jungkook BTS. Foto/Allkpop
A A A
BUSAN - Peta sebuah desa di Busan, Korea Selatan , mendadak viral dan menimbulkan kontroversi karena mengungkap lokasi rumah yang sempat ditinggali oleh nenek Jungkook BTS .

Menurut surat kabar Busan Ilbo, Pusat Kesejahteraan Sosial Desa Yeonsan di Distrik Yeonje, Busan, dan Dewan Keamanan Komunitas Distrik Yeonje menerbitkan peta Desa Yeonsan untuk tahun 2021.



Peta tersebut menampilkan tempat-tempat publik penting seperti sekolah, taman umum, hingga destinasi wisata. Dan rumah bekas nenek Jungkook ditandai dengan jelas sebagai ‘daya tarik wisata’.

Pusat Kesejahteraan Sosial Desa Yeonsan membenarkan informasi yang ada di peta tersebut dan bahkan menjelaskan bahwa rumah itu adalah tempat nenek BTS Jungkook dulu tinggal yang saat ini kosong dan lantas didaftarkan di peta sebagai obyek wisata.

"Saat kami membuat peta desa, disarankan agar kami menyertakan elemen yang menarik, jadi kami memutuskan untuk menyertakan lokasi yang terkait dengan sosok idol,” demikian pernyataan resmi Pusat Kesejahteraan Sosial Desa Yeonsan, dikutip Rabu (23/3/2022).

Viral! Peta di Busan Tampilkan Lokasi Rumah Nenek Jungkook BTS sebagai Obyek Wisata, Dicekam Warga


Namun yang menjadi masalah adalah, terungkap bahwa penyertaan lokasi di peta itu dilakukan tanpa persetujuan Jungkook BTS, bahkan penduduk desa Yeonsan sendiri!.

Warga lantas menyebutnya sebagai ‘pelanggaran privasi dan gangguan’ karena tiba-tiba banyak pengunjung asing datang untuk menanyakan lokasi rumah lama nenek Jungkook, dan Pusat Kesejahteraan Sosial Busan pun menuai kecaman.

"Saya tidak tahu di mana lokasi rumahnya dan anak-anak muda datang dan bertanya di mana itu. Tidak sopan bagi penduduk setempat untuk menandai area perumahan di peta sebagai kediaman nenek penyanyi terkenal,” ujar seorang warga yang tak mau disebutkan identitasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)