5 Langkah Sempurna Aplikasi Kosmetik Berbahan Natural

Rabu, 17 Juni 2020 - 22:02 WIB
loading...
5 Langkah Sempurna Aplikasi Kosmetik Berbahan Natural
Produk makeup berbahan natural tak disertai kandungan silikon dan sintetis lain sehingga terkadang diperlukan teknik tersendiri dalam mengaplikasikannya untuk memperoleh hasil maksimal. Foto Ilustrasi/Beuatylish
A A A
JAKARTA - Memilih produk makeup dan tampilan yang ingin diciptakan pada dasarnya kembali ke kebutuhan serta selera masing-masing individu. Tak terkecuali Anda yang memilih menggunakan produk makeup berbahan dasar natural.

Kesadaran banyak orang akan pentingnya menjaga lingkungan sekaligus memperhatikan kandungan apa saja yang diaplikasikan pada wajah, membuat pertumbuhan produk makeup berbahan dasar natural semakin dilirik dan terus berkembang. Kebanyakan produk makeup berbahan dasar natural tidak disertai kandungan silikon dan sintetis lain sehingga terkadang diperlukan teknik tersendiri dalam mengaplikasikannya untuk memperoleh hasil maksimal.

Mengutip buku karya Imelda Burke berjudul "The Nature of Beauty", berikut tips cara mengaplikasikan produk makeup berbahan dasar natural. ( )

1. Perhatikan Kondisi Kulit Sebelum Aplikasikan Makeup
Kulit yang bersih dan lembab merupakan kunci penting dalam mendapatkan riasan yang sempurna. Maka itu, sebelum mengaplikasikan makeup, sempatkan untuk melihat kondisi wajah Anda. Apa kelembabannya sudah cukup, atau masih adakah kilap minyak di wajah?

Jika kulit tampak kering atau mulai berkilap, jangan ragu untuk menyempatkan diri membersihkan wajah, mengaplikasikan produk pelembab, atau menggunakan sheet mask. Sudah bukan rahasia lagi, jika kulit yang terjaga kelembabannya akan menjadi alas makeup sempurna sekaligus bantu mempertahankan tampilan makeup lebih lama.

2. Gunakan Produk Hydrating Sesuai Jenis Kulit
Imelda mengingatkan tentang pentingnya menjaga hidrasi kulit wajah sebelum mengaplikasikan makeup. Menurutnya, mengulaskan foundation pada kulit wajah yang kering sama saja seperti mengecat dinding yang terkelupas. Untuk itu pastikan kondisi wajah sudah lembab.

Anda bisa menggunakan produk hydrating yang sesuai jenis kulit. Seperti hydrating cream untuk jenis wajah kering dan normal, atau produk dengan tekstur gel yang cenderung ringan bagi pemilik kulit berminyak. Sedangkan kulit kombinasi bisa menggunakan produk pelembab dengan tekstur ringan untuk area T-zone serta krim untuk area yang rentan kering.

Jika memiliki banyak waktu, coba biarkan selama 5 menit agar produk meresap sempurna sebelum mulai mengaplikasikan makeup. Terlebih produk makeup berbahan natural tidak memiliki kandungan silikon untuk menjaga ketahanannya, sehingga kondisi wajah perlu terhidrasi dengan baik agar makeup melekat sempurna.

3. Cara Mengaplikasikan Produk
Dikutip dari laman Sociolla, kosmetik berbahan dasar natural umumnya mengandalkan kandungan plant butters dan waxes. Dua kandungan tersebut akan bekerja lebih maksimal saat dihangatkan, atau dalam arti lain lebih cocok diaplikasikan dengan jari dibandingkan memakai makeup brush. Tidak terkecuali untuk produk seperti cream atau stick foundation, dan liquid foundation.

Sedangkan untuk produk base makeup dengan kandungan oil, pastikan Anda untuk selalu mengocok produk agar komposisinya menyatu sempurna dan tekstur oil tidak tertinggal di kulit saat diaplikasikan. Tanpa kandungan silikon yang turut membuat teksturnya mudah dibaurkan, Anda akan melihat perbedaan saat mengaplikasikan kosmetik berbahan dasar natural dengan menggunakan jari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)