Tampar Wajah Chris Rock di Pentas Oscar, Will Smith Alami Gangguan Impulsif?

Selasa, 29 Maret 2022 - 10:52 WIB
loading...
Tampar Wajah Chris Rock di Pentas Oscar, Will Smith Alami Gangguan Impulsif?
Aktor kenamaan Will Smith tengah menjadi perbincangan hangat usai aksinya menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022. / Foto: eueditorial
A A A
JAKARTA - Aktor kenamaan Will Smith tengah menjadi perbincangan hangat usai aksinya menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022. Aksi tidak terpujinya itu menuai polemik dan perdebatan.

Howard Stern, pengacara sukses di Amerika Serikat, menilai apa yang dilakukan Will Smith menandakan dirinya punya penyakit mental serius.

"Apa yang dilakukan Smith di panggung Oscar 2022 itu adalah tanda penyakit mental yang serius, karena Anda tidak mampu mengendalikan dorongan dari diri," ungkap Stern seperti dikutip dari News.au, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Will Smith Terancam Diminta Kembalikan Piala Oscar 2022 Usai Tampar Chris Rock

Menurut Stern, perilaku Will Smith memukul Chris Rock itu menandakan bahwa aktor King Richard itu memiliki masalah nyata yang perlu penanganan serius.

"Sebab, dia tidak berpikir dua kali tentang apa yang dilakukannya. Ketika Anda tak bisa menahan diri seperti itu, artinya ada yang salah dengan diri Anda," ujar Stern.

Dari apa yang disampaikan Stern tersebut, poin utama yang disorot adalah perilaku Will Smith tak bisa mengontrol dorongan dalam diri. Mengacu pada pernyataan tersebut, kondisi yang dimaksud Stern mungkin gangguan impulsif.

Gangguan impulsif sendiri adalah ketika Anda bertindak cepat tanpa memikirkan konsekuensinya. Tidak ada yang Anda pikirkan saat momen itu terjadi.

Impulsif bahkan dikatakan sebagai gejala dari gangguan kesehatan mental lainnya. Untuk itu, perlu pemeriksaan menyeluruh terhadap individu tersebut sebelum akhirnya bisa mendiagnosa atau memberi cap tertentu.

Sifat impulsif datang secara spontan. Makanya, orang dengan gangguan impulsif itu bisa saja merusak atau bertindak kasar kepada orang lain saat marah. Apa yang dilakukannya itu di luar dari kendali kontrol diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4292 seconds (0.1#10.140)