Ini Perbedaan GERD dan Maag, Kenali Gejalanya

Selasa, 29 Maret 2022 - 17:35 WIB
loading...
Ini Perbedaan GERD dan Maag, Kenali Gejalanya
Perbedaan GERD dan Maag bisa diketahui dari gejalanya. Foto/ eMedHealth
A A A
JAKARTA - Perbedaan GERD dan maag harus diketahui, karena keduanya memang mempunyai gejala yang hampir mirip.
Meski sama-sama penyakit yang menyerang pencernaan, perbedaan GERD dan maag rupanya bisa terlihat dari gejalanya. Bagi yang mengalami ketidaknyamanan pencernaan, sangat disarankan untuk mengetahui perbedaanya terlebih dahulu.

Dengan memahami perbedaan GERD dan maag, pengidap penyakit ini akan mendpatkan penanganan yang sesuai. Berikut Perbedaan GERD dan Maag seperti dilansir dari hellosehat :

GERD merupakan kondisi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan (esofagus) hingga mulut. Orang yang mengalami maag mungkin saja mengembangkan gejala GERD.



Gejala penyakit GERD biasanya dirasakan dengan rasa terbakar yang berlebihan pada bagian dada. Apalagi setelah makan malam hari. Kemudian asalm lambung naik ke atas kerongkongan dan menimbulkan nyeri dada, kesulitan menelan hingga ada rasa mengganjal pada keringkongan.

Tidak hanya itu, GERD juga akan menimbulkan gejala batuk kronis, suara menjadi serak, sesak nafas dan gangguan tidur.

Sementara, penderita penyakit maag umumnya hanya merasakan gejala pada area perut bagian atas saja. Diantaranya seperti perut terasa penuh saat makan, terutama sebelum menghabiskan makanan, perut terasa tidak nyaman setelah makan dalam jangka waktu yang lama, ulu hati terasa nyeri, buang angin dan bersendawa, perut kembung pada bagian atas, hingga mual dan muntah.



Itulah perbedaan GERD dan maag yang bisa dikenali dengan gejalanya. Bila mengalami masalah cukup berat, segera periksakan ke dokter. Semoga bermanfat
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)