Rekomendasi Wisata Religi Gua Maria di Pulau Jawa

Rabu, 30 Maret 2022 - 18:19 WIB
loading...
Rekomendasi Wisata Religi Gua Maria di Pulau Jawa
Sudah menjadi tradisi bagi umat Katolik untuk melakukan perjalanan religi sekaligus ziarah mengunjungi Gua Maria setiap tahunnya. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sudah menjadi tradisi bagi umat Katolik untuk melakukan perjalanan religi sekaligus ziarah mengunjungi Gua Maria setiap tahunnya. Perjalanan wisata religi ini bukan sekedar jalan-jalan, melainkan untuk memenuhi kebutuhan spiritual umat Katolik.

Di Pulau Jawa sendiri, terdapat beberapa Gua Maria yang biasa dikunjungi. Tempat ibadah tersebut tidak hanya menarik dan menawan bagi umat Katolik di Indonesia saja, tapi juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Beberapa Gua Maria didesain sangat indah dengan sentuhan arsitektur yang menawan. Arsitektur tersebut merupakan cerminan akulturasi dengan budaya dan adat setempat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa gua Maria yang terkenal dan populer dijadikan destinasi wisata religi.

Baca juga: Film-Film dengan Senjata Teknologi Canggih, dari Bom Permen Karet hingga Cincin Setrum

Gua Maria Lembah Karmel, Jawa Barat

Gua Maria Lembah Karmel berada di Lembah Karmel, Cikanyere, Cipanas, Puncak. Bagi umat Katolik, gua ini adalah lokasi wisata religi yang populer untuk misa penyembuhan yang diadakan setiap minggu kedua dan keempat setiap bulannya. Wilayah di sekitarnya dikelilingi oleh taman dan terdapat patung replika Yesus yang tengah merentangkan tangannya untuk memberi berkat.

Gua Maria Gunung Ciremai, Jawa Barat

Gua Maria ini terletak di ketinggian Gunung Ciremai, Jawa Barat, dan sudah berdiri selama 22 tahun. Saat berkunjung ke dalamnya, Anda bisa merasakan aroma lilin yang dibakar para umat yang tengah beribadah. Saat menuju ke Gua Maria ini, Anda harus menaiki puncak tangga berbatu.

Gua Maria Ganjuran, Yogyakarta

Gua Maria ini berada di dalam kompleks Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus di Bantul, Yogyakarta. Gereja yang diresmikan pada tahun 1930 ini memiliki arsitektur seperti candi, dan dihiasi patung Yesus yang digambarkan seperti dewa Hindu. Uniknya, bangunan gua ini sangat mencerminkan pengaruh dari Belanda, Hindu, dan Jawa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3306 seconds (0.1#10.140)