Bikin Bruce Willis Pensiun dari Dunia Hiburan, Apa Itu Afasia?

Kamis, 31 Maret 2022 - 09:54 WIB
loading...
Bikin Bruce Willis Pensiun dari Dunia Hiburan, Apa Itu Afasia?
Aktor Hollywood, Bruce Willis memutuskan untuk mengakhiri karier di dunia hiburan akibat penyakit afasia yang dideritanya. / Foto: rawstory
A A A
JAKARTA - Aktor Hollywood, Bruce Willis memutuskan untuk mengakhiri karier di dunia hiburan akibat penyakit afasia yang dideritanya.

Penyakit afasia diketahui memengaruhi kemampuan aktor kelahiran 19 Maret 1955 itu untuk berkomunikasi dengan baik.

Kabar pensiunnya Bruce Willis itu pun menjadi perbincangan dunia. Keputusan yang diambil Bruce Willis dan keluarga dianggap luar biasa karena memprioritaskan kesehatan.

Baca juga: Penyakit Afasia Paksa Bruce Willis Akhiri Kariernya di Dunia Hiburan

Mungkin, masih banyak yang belum mengetahui apa itu afasia. Dalam artikel ini, MNC Portal mencoba mengupasnya dengan detail. Jadi apa yang dialami Bruce Willis bisa jadi pembelajaran bersama.

Apa itu Afasia yang dialami Bruce Willis? Dijelaskan Prof Jennifer Brello, seorang Profesor Klinis di Ohio State University sekaligus direktur OSU Aphasia Initiative, afasia adalah gangguan bahasa yang dihasilkan dari kerusakan pada belahan otak kiri.

"Gangguan tersebut dapat menyebabkan kesulitan menggunakan kata atau kalimat, memahami bahasa, membaca, dan menulis," ungkap Prof Brello seperti dikutip MNC Portal dari Yahoo Life, Kamis (31/3/2022).

Afasia bisa terjadi dalam stasiun ringan hingga berat. Menurut National Aphasia Association (NAA), masalah kognitif ini dapat memengaruhi terutama satu aspek penggunaan bahasa, seperti kemampuan mengenali nama objek atau kemampuan untuk menggabungkan kata-kata menjadi kalimat, atau kemampuan membaca.

"Secara umum, orang yang mengalami afasia itu aspek komunikasinya terganggu, sementara itu beberapa kemampuan tetap ada sekalipun terbatas," ungkap NAA.

Dalam mengenali seseorang menderita afasia atau tidak, terdapat 3 poin penting yang bisa dilihat. Pertama, apakah seseorang dapat berbicara dengan mudah atau dengan banyak usaha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5104 seconds (0.1#10.140)