Ini 5 Tempat yang Menyajikan Aneka Hidangan Berbuka di Kawasan Jakarta Barat

Sabtu, 02 April 2022 - 09:16 WIB
loading...
Ini 5 Tempat yang Menyajikan Aneka Hidangan Berbuka di Kawasan Jakarta Barat
Keberadaan pasar kaget yang menjajakan makanan cukup memudahkan masyarakat menemukan menu untuk berbuka puasa selama bulan Ramadhan. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Di sejumlah tempat biasanya terdapat pasar kaget selama bulan Ramadhan. Di lokasi tersebut, para pedagang musiman itu kerap menjajakan takjil atau makanan untuk berbuka puasa.

Keberadaan mereka itu cukup memudahkan masyarakat menemukan menu untuk berbuka puasa .

Dari seluruh kawasan di DKI Jakarta, sejumlah kawasan Jakarta Barat terdapat tempat-tempat menarik untuk berburu takjil selama Ramadhan.

Baca juga: 5 Gangguan Pencernaan saat Puasa dan Cara Mencegahnya

Berdasarkan penelusuran dari tahun ke tahun yang MNC Portal himpun, berikut ini lokasi berburu takjil di Jakarta Barat. Yuk, simak lokasi-lokasinya.

1. Palmerah

Kawasan Palmerah tepatnya di Pasar Palmerah saat Ramadhan, biasanya terdapat pasar dadakan atau pasar kaget yang menjajakan aneka takjil. Anda bisa memilih aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Mulai dari aneka gorengan, jajanan pasar, es cendol, kolak, cincau, seblak hingga makanan berat juga banyak yang menjualnya. Apalagi daerah ini dekat dengan Stasiun Palmerah, jadi cukup strategis.

2. Jalan Panjang

Tak jauh dari Palmerah, Anda bisa melipir ke daerah Jalan Panjang, Kebon Jeruk sebagai salah satu spot berburu takjil di Jakarta Barat.

Makanan yang dijajakan cukup bervariasi, mulai dari makanan ringan atau camilan hingga makanan berat, seperti nasi goreng, pecel, soto, martabak hingga sate.

Anda sudah bisa memulai berburu takjil di Jalan Panjang mulai dari pukul 16.00 WIB. Harganya pun relatif terjangkau, dan rasanya tentu lezat serta cocok menjadi santapan berbuka puasa.

3. Jalan Pancoran

Selanjutnya Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat jadi spot berburu takjil selanjutnya. Meskipun ini kawasan Pecinan, tapi banyak juga yang menjual makanan halal. Khsusnya saat Ramadhan, sembari menunggu adzan Magrib bisa mencari makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Salah satu makanan berat dan halal di sini adalah Soto Afung. Di mana kuliner satu ini termasuk yang legendaris, karena sudah buka sejak 1982.

Ciri khas dari soto ini adalah kuahnya yang kental juga gurih. Yaitu menggunakan tulang sumsum sapi asli, bukan minyak samin seperti kebanyakan olahan soto lainnya.

4. Stasiun Jakarta Kota

Kawasan Stasiun Jakarta Kota yang masuk dalam administrasi Jakarta Barat, juga jangan Anda lewatkan. Di sekitarnya terdapat penjual takjil dengan berbagai pilihan, mulai dari yang asin, manis, asam dan segar.

Khsus bagi Anda yang sering naik KRL dari Jakarta Kota, apalagi saat bulan puasa, maka tidak akan kesulitan mencari takjil untuk disantap saat adzan Magrib berkumandang.

5. Pasar Kedoya

Terakhir adalah Pasar Kedoya, Jakarta Barat jadi spot berburu takjil berikutnya. Anda bisa memilih aneka menu takjil yang lezat dan menggugah selera. Mulai dari kolak, es buah, es campur, gorengan, jajanan pasar hingga aneka nasi beserta lauk pauknya.

Baca juga: Deretan Artis yang Tak Lagi Jalani Puasa karena Pindah Agama

Ketika bulan puasa, Pasar Kedoya kerap ramai dikunjungi para pencari menu buka puasa. Nah di kawasan ini, para penjaja takjil musiman akan memadati sepanjang jalan pasar.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)