Dukung Peningkatan Inovasi, Dexa Gelar Award Science Scholarship

Kamis, 18 Juni 2020 - 00:34 WIB
loading...
Dukung Peningkatan Inovasi, Dexa Gelar Award Science Scholarship
Melalui Dexa Award Science Scholarship, Dexa Group mencari calon-calon saintis yang mau berinovasi untuk menemukan obat di masa depan. / Foto: ilustrasi/dexascholarship
A A A
JAKARTA - Sektor kesehatan di era saat ini menjadi fokus pemerintah dan menjadikannya sebagai salah satu sektor yang diprioritaskan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021. Guna mendukung sektor kesehatan sebagai prioritas pembangunan, maka perlu dukungan semua pihak agar target Indonesia mencapai ketahanan nasional di sektor kesehatan dan mendorong kemandirian bangsa dapat terwujud.

(Baca juga: Jangan Remehkan Kasus COVID-19 Anak yang Terus Naik )

Dexa Award Science Scholarship 2020 bertema "Inovasi Untuk Bangsa" mendukung dan memperkuat upaya tersebut dengan melahirkan para saintis baru yang memberikan inovasi nyata melalui berbagai potensi dalam negeri.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Bambang Brodjonegoro, Ph.D dalam acara Virtual Ceremony Dexa Award Science Scholarship 2020 di Youtube Channel Official Dexan TV, Rabu (17/6), mengemukakan bahwa era baru menjadi peluang untuk menciptakan riset dan inovasi yang mendukung Indonesia maju dan mandiri terutama di sektor kesehatan.

"Selama masa ini, riset vaksin dan pengobatan Covid-19 yang efektif akan terus kita kembangkan. Di sinilah saintis sebagai harapan bangsa dapat berkontribusi melalui perkembangan riset dan penelitian yang bermanfaat untuk mencapai kemandirian bangsa agar kita tidak terus menerus bergantung pada produk impor," tutur Menteri Ristek/BRIN.

Lebih lanjut, Menteri Ristek/BRIN menuturkan, di masa yang akan datang, Indonesia akan butuh banyak peneliti, inovator, dan orang-orang yang mau menciptakan solusi untuk tantangan bangsa di masa depan.

"Mari kita gunakan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk berkontribusi bagi negara kita. Anda sebagai penerus bangsa di bidang penelitian, memegang peranan penting untuk mendorong Indonesia menjadi negara maju dan mandiri, terutama di sektor kesehatan. Masa depan bangsa di tangan para generasi muda untuk mencapai Indonesia emas 2045," ucap Menteri Bambang Brodjonegoro.

Pada saat yang sama, pimpinan Dexa Group, Ferry A. Soetikno menyampaikan bahwa sains merupakan dasar kita bertumbuh. Sulit sekali membayangkan di masa depan tanpa sains dan inovasi. Oleh karena itu, Dexa Award Science Scholarship ini diselenggarakan untuk mendukung peningkatan inovasi di sektor farmasi dan kesehatan.

(Baca juga: Protokol Kesehatan di Rumah Usai Beraktivitas di Luar )

Khusus di era pandemi Covid-19 , filosofi Dexa Group "Expertise for the Promotion of Health" telah dibuktikan dengan berbagai langkah konkret. Pertama, setiap laboratorium research and development, juga unit produksi Dexa Group terus bekerja mempercepat penemuan dan perbaikan proses. Selanjutnya, Dexa Group telah memproduksi hydroxychloroquine, azithromycin, dan chloroquine, yang telah didonasikan kepada negara sejak awal April 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)