5 Menu Buka Puasa Tanpa Minyak Goreng, Sehat dan Lezat!

Selasa, 05 April 2022 - 06:32 WIB
loading...
5 Menu Buka Puasa Tanpa Minyak Goreng, Sehat dan Lezat!
Menu buka puasa yang diolah tanpa menggunakan minyak goreng bisa menjadi opsi. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Menu buka puasa yang diolah tanpa menggunakan minyak goreng bisa menjadi opsi. Apalagi belakangan ini minyak goreng kerap dikeluhkan masyarakat harganya mahal.

Memasak tanpa minyak goreng namun tetap enak dan sehat sebetulnya tidak sulit. Diawali dengan mengubah mindset teknik pengolahan makanan sehari-hari, yang tak melulu harus digoreng.



Dilansir dari Sayurbox, berikut menu buka puasa yang diolah tanpa memakai minyak goreng.

1. Mashed Potato

5 Menu Buka Puasa Tanpa Minyak Goreng, Sehat dan Lezat!


Mashed potato alias kentang tumbuk merupakan menu yang pas disuguhkan ketika berbuka puasa. Anda yang suka atau ingin mencoba mashed potato, bisa kok bikin sendiri di rumah.

Bahan-bahannya mudah didapat dan membuatnya juga tak sulit. Dijamin rasanya soft dan creamy.

Kentang tumbuk dapat menjadi opsi alternatif untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat yang lebih sehat dibanding nasi putih. Selain mengandung karbohidrat, kentang juga kaya kandungan karotenoid yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung selama bulan puasa.

Cara membuat kentang tumbuk relatif mudah. Kukus kentang hingga lunak. Kemudian, haluskan kentang bersama dengan mentega, susu cair, dan keju parut. Aduk hingga teksturnya menjadi sedikit lengket. Sajikan kentang tumbuh yang gurih dan creamy ini bersama pelengkap yang tepat seperti misalnya daging steak.



2. Sup Ayam Makaroni

5 Menu Buka Puasa Tanpa Minyak Goreng, Sehat dan Lezat!


Salah satu alternatif menu buka puasa yangnikmat adalah sup ayam makaroni. Selain lezat, hidangan ini juga kaya nutrisi dan praktis untuk diolah.

Menu makanan ini efektif untuk menahan lapar seharian.Anda bisa menambahkan sayuran atau seafood pada sup ayam makaroni agar manfaatnya lebih optimal.

3. Salad

5 Menu Buka Puasa Tanpa Minyak Goreng, Sehat dan Lezat!


Tubuh sangat memerlukan asupan nutrisi berupa vitamin dan serat yang cukup terlebih ketika bulan puasa. Ada banyak cara untuk mengolah sayuran agar rasanya lebih lezat dan menggugah selera. Salah satunya membuat sajian salad lengkap dengan dressing atau sausnya.

Salad dapat menjadi menu buka puasa yang cocok untuk memenuhi hal ini. Sayuran pada salad efektif memenuhi kebutuhan vitamin dan serat harian.

4. Gado-Gado

5 Menu Buka Puasa Tanpa Minyak Goreng, Sehat dan Lezat!


Gado-gado juga cocok untuk dijadikan menu buka puasa. Gado-gado merupakan menu sehat yang bisa menjadi favorit. Ini karena bahan-bahannya yang terdiri dari sayur-sayuran rebus yang dicampur dengan bumbu kacang nan gurih dan lezat.

Membuatnya pun mudah. Sayuran yang terdapat di gado-gado dapat memenuhi kebutuhan serat dan vitamin. Sementara lauk pendampingnya seperti telur dan tahu bisa menjadi sumber protein.

5. Ikan Bakar

5 Menu Buka Puasa Tanpa Minyak Goreng, Sehat dan Lezat!


Ikan adalah menu yang sangat rendah lemak. Untuk menjaga kadar lemaknya tetap rendah, Anda harus mengolahnya dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan cara dibakar.

Tak sulit kok membuat hidangan ini. Anda bisa menyajikannya dengan beragam sambal sesuai selera. Misalnya sambal kecap.

Pilihlah jenis ikan yang cocok untuk dibakar seperti gurame, dorang, ataupun kakap. Agar lebih sehat, pilihlah minyak zaitun sebagai pengganti mentega. Gunakan kecap manis, jeruk nipis, merica, serta cabai untuk membumbui ikan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)