Kolesterol Terkandung dalam 5 Menu Buka Puasa Ini, Jangan Kebanyakan Dikonsumsi!

Kamis, 31 Maret 2022 - 14:47 WIB
loading...
Kolesterol Terkandung dalam 5 Menu Buka Puasa Ini, Jangan Kebanyakan Dikonsumsi!
Kolesterol terkandung dalam sejumlah makanan yang biasa kita konsumsi, termasuk hidangan berbuka puasa. Foto Ilustrasi/Aarp
A A A
JAKARTA - Kolesterol terkandung dalam sejumlah makanan yang biasa kita konsumsi, termasuk hidangan berbuka puasa. Ya, jelang Ramadan, menu khas buka puasa pasti akan menghiasi meja-meja makan keluarga Indonesia. Namun, tetap perhatikan jumlah asupannya ya!

Pola makan dan asupan makanan sangat perlu diperhatikan utamanya oleh penderita kolestrol. Sebab pola makan dan asupan makanan yang tepat dapat mengontrol kadar kolesterol agar tidak naik. Dengan demikian, jangan pernah mengabaikan makanan yang kita asup karena jika abai, hal itu dapat meningkatkan kadar kolesterol dan memicu berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Jelang Ramadan dan Idul Fitri, Produk Makanan Bakal Diawasi Khusus

Selama bulan puasa, penting untuk mengontrol menu sahur dan buka puasa agar kadar kolesterol tidak naik. Terdapat sejumlah makanan yang tinggi kolestrol yang sebaiknya jangan Anda konsumsi. Ini lima di antaranya.

1. Gorengan

Gorengan kerap menjadi salah satu menu buka puasa. Mulai dari pisang goreng, tahu isi, lumpia, bakwan, dan lain-lain. Selain mudah dan murah, gorengan memang sudah menjadi makanan kegemaran masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat.

Meski demikian, penderita kolesterol sebaiknya menghindari gorengan, karena makanan ini mengandung kolesterol yang tinggi. Selain itu, gorengan pun mengandung lemak trans yang bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

2. Junk Food

Junk food kerap menjadi menu andalan saat buka puasa. Entah untuk sekadar camilan atau memang menjadi hidangan utama buka puasa. Junk food yang sering dikonsumsi adalah burger, pizza, ayam goreng, kentang goreng, es krim, dan sebagainya. Penderita kolestrol harus menghindari junk food sebab mengandung tinggi lemak jahat, karbohidrat, dan gula.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1599 seconds (10.177#12.26)