Sakit Kepala saat Puasa, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 09 April 2022 - 05:05 WIB
loading...
Sakit Kepala saat Puasa, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Sakit kepala adalah keluhan paling umum saat menjalani puasa Ramadhan. Orang biasanya sakit kepala sebelum berbuka puasa, dan tidak dapat minum obat. Foto/Net Doctor
A A A
JAKARTA - Sakit kepala adalah keluhan paling umum saat menjalani puasa Ramadhan . Orang biasanya sakit kepala sebelum berbuka puasa , dan karena tidak dapat minum obat pereda nyeri, mereka merasa lelah dan kesal.

Sakit kepala saat puasa biasanya disebabkan karena beberapa hal. Di antaranya tekanan darah tinggi atau rendah, gula darah rendah akibat puasa, dehidrasi, minum terlalu banyak kafein sebelum puasa, anemia dan sinus.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa tips untuk menghindari sakit kepala ini. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Egypt Independent, Sabtu (9/4/2022).

1. Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa. Ini akan menarik sirkulasi darah ke perut Anda, dan hasilnya akan menjadi sakit kepala yang mengganggu.


2. Jika Anda menderita sakit kepala sebelum berbuka puasa, dianjurkan untuk makan kurma untuk berbuka. Ini karena baik di perut dan memiliki jumlah gula yang tepat untuk memulihkan kekuatan tubuh Anda.

3. Minum air putih sangat penting setelah buka puasa. Jadi dari waktu buka puasa hingga sahur, penting untuk minum air putih yang cukup dan hindari minuman bersoda dan kafein.

4. Jangan begadang, lalu bangun pagi untuk berangkat kerja. Tentu saja Anda akan mengalami sakit kepala. Pergi tidur pada waktu yang tepat, Anda akan bangun dalam keadaan segar dan siap untuk hari yang baru.

5. Sahur tidak boleh dilewatkan, tetapi Anda harus menghindari makan berlebihan.


6. Jika puasa dan sakit kepala, rendam kaki Anda dalam air hangat, taruh sesuatu yang dingin di belakang kepala Anda, dan istirahatkan mata Anda sebentar. Anda akan merasa jauh lebih baik setelah itu.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)