Setelah Operasi 3 Bulan Lalu, Kenapa Tumor Payudara Robby Purba Kembali Muncul?

Jum'at, 08 April 2022 - 15:14 WIB
loading...
A A A
Seiring berjalannya waktu, sel yang bersembunyi itu bangun dan mulai aktif kembali. Ada beberapa kemungkinan sel tumor itu bisa bangun.

"Salah satunya, efek mutasi dari si sel tumor itu sendiri yang membuat mereka yang awalnya tidur karena pengobatan hormonal, lalu bangun dan terdeteksi dalam pemeriksaan mendalam," terang laporan tersebut.

Laman WebMD menerangkan juga soal penyebab kekambuhan tumor payudara ini. Dijelaskan di sana, secara sederhana bahwa pengobatan yang Anda lakukan sebelumnya tidak menghancurkan semua tumor atau sel kanker di tubuh Anda.

"Itu bukan artinya juga Anda mendapat penanganan yang salah. Sel-sel kanker itu rumit dan beberapa dapat bertahan dari terapi agresif sekalipun," tulis laman tersebut.

Ada beberapa jenis kekambuhan tumor payudara, salah satu yang cukup banyak kasusnya adalah kasus kambuh lokal setelah mastektomi. Jadi, ini adalah jenis kekambuhan yang muncul di bawah kulit di dekat bekas luka.

Baca juga: Ini Alasan Ibu Hamil Penderita Diabetes Kurang Disarankan Berpuasa

"Setelah operasi sebelumnya, tumor muncul lagi di garis jahitan. Secara penampakan fisik, tumor terlihat halus sehingga kerap kali samar terlihat seperti jahitan itu sendiri," jelas laporan itu.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2786 seconds (0.1#10.140)