Will Smith Dilarang Hadir di Oscar Selama 10 Tahun Buntut Tampar Chris Rock

Sabtu, 09 April 2022 - 09:55 WIB
loading...
Will Smith Dilarang Hadir di Oscar Selama 10 Tahun Buntut Tampar Chris Rock
Aktor Will Smith dilarang hadir di ajang penghargaan Academy Awards atau Oscar selama 10 tahun karena menampar komedian Chris Rock. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Aktor Will Smith dilarang hadir di ajang penghargaan Academy Awards atau Oscar selama 10 tahun karena menampar komedian Chris Rock . Tidak hanya itu, pemeran film King Richard juga dilarang untuk menghadiri kegiatan-kegiatan lain yang diadakan Academy Awards.

Tindakan itu merupakan keputusan resmi dari penyelenggara Academy Awards, The Academy Of Motion Picture Arts and Science. Dalam keputusan itu mereka juga menyebutkan aksi tampar yang dilakukan Will Smith pada Chris Rock justru jadi pusat perhatian ketimbang penyelenggaraan Oscar ke 94 itu.

"Penyelenggaraan ini dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang kami lihat dari Will Smith yang dipamerkan di atas panggung," ungkap The Academy of Motion Picture Arts and Science.

Mereka menambahkan pelarangan itu dilakukan untuk melindungi pengisi acara dan tamu yang hadir di lokasi acara dari tindakan-tindakan yang tidak bertanggung jawab. Selain itu juga pelarangan bertujuan untuk mengembalikan lagi tingkat kepercayaan masyarakat pada acara prestisius itu.


Saat ini memang banyak kritikus dan kelompok komedian yang akhirnya menyerang panitia penyelenggara karena tidak bisa bersikap tegas atas aksi kontroversial itu. Aktor Jim Carrey bahkan mengatakan dirinya tidak percaya pihak penyelenggara tidak bisa bersikap keras saat peristiwa itu terjadi.

"Saya merasa Hollywood tidak berdaya secara massal. Rasanya itu benar-benar indikasi yang jelas bahwa kami bukan klub keren lagi," kata Jim Carrey.

Sementara Will Smith mengaku menerima keputusan larangan hadir di ajang Oscar dan kegiatan Academy Awards lainnya selama 10 tahun. Dalam keterangan resmi aktor terbaik Oscar 2022 itu juga mengaku patah hati karena aksinya menampar Chris Rock. Dia juga menyatakan mundur dari anggota Academy Awards sebagai bentuk pertanggung jawaban.

"Saya menerima sepenuhnya setiap dan semua konsekuensi atas perilaku saya," tulis aktor berusia 53 tahun itu.


Seharusnya, keputusan mengenai aksi kontroversial Will Smith akan digelar pada 18 April nanti. Hanya saja setelah Will Smith memutuskan mundur dari keanggotaan, The Academy Of Motion Picture Arts and Science langsung mempercepat rapat dan mengeluarkan keputusan.

Keputusan mundur itu juga otomatis membuat Will Smith tidak bisa lagi memilih di kegiatan Oscar selanjutnya. Hanya ada sedikit aktor dan insan perfilman selain Will Smith yang pernah mundur dari anggota Academy Awards. Beberapa di antaranya adalah aktor Bill Cosby, produser Harvey Weinstein, sutradara Roman Polanski dan sinematografer Adam Kimmel.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3153 seconds (0.1#10.140)