Ini Waktu Olahraga yang Disarankan Dokter saat Puasa, Jangan Sampai Batal

Sabtu, 09 April 2022 - 15:30 WIB
loading...
Ini Waktu Olahraga yang Disarankan Dokter saat Puasa, Jangan Sampai Batal
Olahraga saat puasa memberikan banyak manfaat kesehatan. Dokter menyarankan memilih waktu yang tepat agar tidak mengganggu ibadah puasa Ramadhan. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Olahraga saat puasa memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun dokter menyarankan untuk menyesuaikannya dengan memilih waktu yang tepat agar tidak mengganggu ibadah puasa Ramadhan .

Dokter spesialis olahraga, dr. Elsye, Sp.KO mengatakan idealnya olahraga saat puasa dilakukan satu sampai dua jam setelah berbuka puasa. Lebih lanjut dr. Elsye menyarankan mengimbanginya dengan asupan yang dikonsumsi saat buka puasa.

Ketika makanan yang dikonsumsi ringan, olahraga sebaiknya dijeda satu jam setelah berbuka puasa. Namun, ketika menyantap makanan berat, perlu menunda olahraga sekitar dua jam.


"Makanannya ringan saja bisa dijeda satu jam baru melakukan exercise. Tetapi kalau kita mau makanan porsis besar boleh diberi jeda sekitar dua jam setelah berbuka puasa," jelas dr. Elsye baru-baru ini.

Waktu terbaik lainnya untuk olahraga saat puasa adalah 1 jam atau 30 menit sebelum berbuka. Namun, jenis olahraga yang dipilih hanya disarankan olahraga ringan lantaran energi dalam tubuh tidak begitu banyak.

"Kita bisa melakukan latihan fisik dengan intensitas yang ringan saja supaya bisa memberinya energi setelah berbuka puasa," saran dr. Elsye.


Selain itu, dr. Elsye juga menyarankan olahraga saat sahur. Di mana pada waktu ini, durasi dan intensitas olahraga sebaiknya dilakukan ringan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)