Berbuka Puasa dengan Timun Suri Tak Hanya Menyegarkan, Ini Sederet Manfaat Sehat Lainnya

Minggu, 10 April 2022 - 21:37 WIB
loading...
Berbuka Puasa dengan Timun Suri Tak Hanya Menyegarkan, Ini Sederet Manfaat Sehat Lainnya
Timun suri tak hanya menyegarkan untuk berbuka puasa, tapi juga mempunyai sederet manfaat kesehatan lainnya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Timun suri menjadi salah satu buah favorit pilihan untuk berbuka puasa . Diserut dan dijadikan minuman, timun suri menjadi minuman pilihan untuk berbuka puasa. Rasanya yang segar membantu melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Buah yang banyak muncul di bulan Ramadhan ini mengandung banyak air dan memiliki daging buah yang lembut, sehingga banyak dipilih untuk campuran buah pada menu es buah untuk berbuka puasa. Dikutip dari Windowofworld, tak hanya menyegarkan, ternyata timun suri juga memiliki sederet manfaat kesehatan lainnya.

Melegakan Tenggorokan

Untuk menu berbuka puasa, timun suri adalah pilihan yang tepat. Kandungan air pada buah ini langsung bisa membantu melegakan tenggorokan yang kering karena 12 jam tidak minum. Kesegaran buah ini bisa menghindarkan Anda dari
radang tenggorokan yang menggangguih. Memang buah ini rasanya cenderung hambar dan tidak manis. Untuk itu Anda bisa menambahkan sedikit sirup atau gula bila ingin menjadikannya sebagai minuman. Tapi akan lebih baik jika buah ini dimakan langsung tanpa ditambah gula. Lebih sehat tentunya.



Menghidrasi Tubuh

Kandungan air yang tinggi pada timun suri juga membuat buah ini bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. Kurangnya asupan cairan ketika berpuasa menyebabkan tubuh kamu juga rawan dehidrasi. Nah, kandungan air yang melimpah pada buah timun suri bisa membantu mengembalikan cairan tubuh kamu yang hilang selama berpuasa, sehingga kamu pun bebas dari dehidrasi.

Pencernaan Lancar

Selain kandungan air yang tinggi, timun suri juga kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Nah pada saat berpuasa, biasanya seseorang cenderung sembelit. Nah buah ini sangat baik untuk kamu konsumsi dan jadi solusinya untuk Anda yang mengalami masalah pencernaan.

Tingkatkan Imunitas

Timur suri ternyata juga kaya akan Vitamin C, lignan, flavonoid, dan beta karoten yang berperan sebagai zat anti-inflamasi. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacist mengungkapkan, buah yang termasuk dalam golongan Cucurbitaceae—termasuk timun suri—disinyalir memiliki kandungan antioksidan yang memang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.


Mencegah Penyakit Alzheimer

Tak hanya vitamin C, timun suri juga ternyata kaya akan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan sendi. Selain itu, vitamin K juga disinyalir berfungsi sebagai obat untuk mencegah terjadinya kerusakan neural pada otak yang mengacu pada terjadinya penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, mengonsumsi buah timun suri dalam porsi yang tepat akan membantu kamu terlindung dari penyakit Alzheimer.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)