Self Healing, Ini Cara Anak Muda Zaman Sekarang Hilangkan Stres dan Depresi

Minggu, 10 April 2022 - 18:28 WIB
loading...
Self Healing, Ini Cara Anak Muda Zaman Sekarang Hilangkan Stres dan Depresi
Podcast Aksi Nyata membahas soal tren self healing di kalangan anak muda jaman sekarang. Foto/YouTube Parta Perindo
A A A
JAKARTA - Istilah self healing belakangan ini ramai digunakan anak-anak muda di Indonesia. Self healing, biasanya mengacu pada upaya untuk mengatasi stres yang terjadi sehari-hari, seperti karena urusan pekerjaan hingga asmara.

Terkait fenomena self healing yang ramai di kalangan anak muda, Sekjen Kartini Perindo, Eva Mutia turut membahasnya dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Minggu (10/4/2022).

Dia mengatakan, masalah mental seperti stres dan depresi, bisa dialami oleh setiap orang. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, salah satunya perasaan kecewa, baik karena urusan pekerjaan hingga asmara. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui apa itu self healing dan cara melakukannya demi mengatasi rasa stres itu sendiri.


“Healing itu kan penyembuhan. Jadi, self healing itu adalah penyembuhan kepada diri sendiri. Kenapa kita memerlukan self healing? Artinya kan ada luka, luka psikis yang harus diperbaiki,” kata Eva Mutia seperti dikutip dari YouTube Partai Perindo, Minggu (10 Maret 2022).

Dia menjelaskan, banyak cara positif untuk self healing. Mulai dari langkah-langkah sederhana seperti meditasi hingga melakukan kegiatan menyenangkan yang dapat meringankan beban pikiran.

“Introspeksi diri, meditasi, mengapa ini terjadi kepada saya? Setelah kita introspeksi, kita harus menerima, menerima keadaan kita,” ujarnya.

Kemudian yang tak kalah penting yakni bersyukur. “Kalau menurut saya, bersyukur itu adalah obat mujarab untuk healing,” kata dia. “Carilah cara-cara pelampiasan atau healing yang positif. Seperti melakukan hobi kita, berolahraga, atau mendengarkan musik, traveling juga bisa menjadi cara self healing yang baik,” sarannya.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6226 seconds (0.1#10.140)