5 Bahaya Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan, Nomor 3 Penyakit Kronis Pencernaan

Kamis, 14 April 2022 - 13:05 WIB
loading...
5 Bahaya Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan, Nomor 3 Penyakit Kronis Pencernaan
Tidur setelah sahur mungkin akan terasa nikmat. Namun begitu, tindakan ini sangat tidak disarankan karena memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Foto/Ilustrasi/
A A A
JAKARTA - Setelah kenyang bersantap, seringkali kita merasa ngantuk dan bawaannya selalu ingin tidur, terlebih setelah melakukan sahur yang merupakan jam-jam tidur malam.

Tidur setelah sahur mungkin akan terasa nikmat. Namun begitu, tindakan ini sangat tidak disarankan karena memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan lho. Penasaran? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan 5 daftarnya!

1. Lemak Menimbun di Tubuh

Kebiasaan tidur sesaat setelah makan, termasuk sahur, dapat memicu terjadinya obesitas atau berat badan yang naik dalam jangka panjang lho. Hal ini karena lemak tubuh yang menimbun karena tidak terserap sempurna oleh pencernaan.

Saat tidur, hampir seluruh fungsi tubuh berhenti bekerja sementara kecuali organ seperti jantung, otak, dan paru-paru.



Oleh karena itu tidur setelah makan sahur tidak akan memberikan cukup waktu untuk sistem pencernaan bekerja memecah makanan. Akhirnya, makanan tersebut jadi tertimbun sia-sia dalam perut.

2. Asam Lambung Naik

Kondisi yang disebut juga maag ini bukan hanya terjadi akibat telat makan, namun kebiasaan tidur setelah makan, termasuk sahur, adalah salah satu pemicu asam lambung naik secara berlebihan.

Hal ini karena untuk mencerna makanan, lambung secara otomatis akan menaikkan produksi asam lambung untuk mempercepat prosesnya. Jika Anda tidur, sistem pencernaan yang tidak berlangsung sempurna akan menyebabkan asam lambung dari perut malah justru mengalir ke kerongkongan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)