Hewan Kesayangan Tetap Sehat selama Periode Mudik Lebaran, Ini Tipsnya

Minggu, 17 April 2022 - 09:00 WIB
loading...
Hewan Kesayangan Tetap Sehat selama Periode Mudik Lebaran, Ini Tipsnya
Para pembicara dalam webinar dengan topik Anjing dan Kucing Tetap Sehat saat Bosnya Mudik Lebaran, yang digagas Majalah Cat & Dog, belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pada tahun ini pemerintah memprediksi jumlah pemudik akan naik 65% dibandingkan tahun lalu. Hal ini biasanya akan berimbas pada lonjakan jumlah hewan peliharaan yang dititipkan di tempat penitipan. Di sisi lain, ada juga pemilik hewan yang berinisiatif membawanya mudik.

Apa pun pilihannya, mau dititipkan atau dibawa mudik, hewan-hewan ini harus terus terpantau kesehatannya selama periode mudik lebaran.

"Untuk itu, para pemilik perlu mengetahui cara agar hewan kesayangan, khususnya anjing dan kucing, tetap sehat saat mudik lebaran," kata Pimpinan Redaksi Majalah Cat & Dog Bambang Suharno saat memberikan sambutan pada pembukaan webinar dengan topik Anjing dan Kucing Tetap Sehat saat Bosnya Mudik Lebaran, belum lama ini.



Webinar angkatan ke-34 tersebut diikuti oleh para penyayang hewan dan dokter hewan dari berbagai daerah dengan menghadirkan narasumber Drh. Desy Indriani yaitu Praktisi Pet Animal sekaligus Owner Klinik Madja & Karlos Malang dan Drh. Michael Indra W, MBA, Dokter Hewan Senior yang juga Business Leader PT. Better Pharma.

Bambang menyampaikan, webinar Majalah Cat & Dog ini dilakukan dua minggu sekali sejak November 2020 dengan beragam topik yang dibutuhkan oleh para penyayang hewan. Acara ini dimaksudkan sebagai kontribusi majalah Cat & Dog dalam mengedukasi masyarakat mengenai pemeliharaan hewan kesayangan.

Drh. Desy menyampaikan bahwa anjing, kucing, ataupun hewan kesayangan lain bisa dititipkan di tempat penitipan hewan. Namun di sisi lain, ada juga pemilik hewan yang menghendaki hewannya dibawa mudik. Kedua hal tersebut memiliki risiko masing-masing.

Desy menyarankan, sebelum dibawa mudik maupun dititipkan, hewan harus dipastikan dalam keadaan sehat.

“Jika hewan dibawa mudik, sebaiknya lakukan general check up ke klinik langganan Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan tersebut,” kata Desy.



Sementara, bila ingin dititipkan, pastikan tempat penitipan hewan itu memiliki tenaga kesehatan hewan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2378 seconds (0.1#10.140)