Tradisi Metatah, Antara Tujuan Spiritual & Medis, Ikuti Vision+ Originals Katanya Episode 5!

Senin, 18 April 2022 - 11:24 WIB
loading...
Tradisi Metatah, Antara Tujuan Spiritual & Medis, Ikuti Vision+ Originals “Katanya” Episode 5!
Originals Series Katanya mengangkat soal tradisi metatah. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Vision+ hadir dengan original series dokumenter terbarunya yang berjudul Katanya . Dalam serial ini, Vision+ yang berkolaborasi dengan Cretivox membahas mengenai berbagai mitos dan stigma yang ada di Indonesia.

Di episode ke-5, Katanya menyuguhkan pembahasan mengenai tradisi metatah, atau kikir gigi, yang biasa dilakukan oleh umat Hindu-Bali.

Dalam episode ini, Ben Sihombing sebagai host serial Katanya mewawancarai dua narasumber, yaitu Ida Pedanda Gede Panji Sogata sebagai seorang pemuka agama Hindu dan Drg. Maria M. Helmi sebagai seorang dokter gigi.

“Filosofinya itu supaya kita nanti menemukan orang tua kita kembali, menjadi manusia sejati setelah kita meninggal supaya kita bertemu dengan orang tua. Orang tua yang dimaksud, Tuhan itu sendiri,” ujar Ida Pedanda Gede Panji Sogata, sembari menceritakan filosofi metatah dari sudut pandang tradisi Hindu-Bali.


Di sisi lain, terdapat sebuah perspektif yang berbeda dari dunia kedokteran, yang secara lengkapnya dijelaskan oleh Drg. Maria M Helmi.

“Itu kan bagian dari kepercayaan, jadi kita nggak bisa pisahkan juga kalau ngomongin non-medis ya. Tapi kalau dari masalah medis, memang ada beberapa hal yang perlu dikondisikan,” jelas Drg. Maria M Helmi. Ia juga menambahkan bahwa di kedokteran gigi, metatah atau kikir gigi biasanya dilakukan untuk tujuan medis tertentu.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai tradisi metatah? Ikuti segera Katanya eksklusif di Vision+! Episode 1 hingga 3 dapat diakses secara gratis.

Untuk menyaksikannya, Anda bisa berlangganan Vision+ premium dengan berbagai paket harga, dengan periode 7 sampai 365 hari. Promo tersedia mulai dari 25% hingga 40% di berbagai e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan JD.ID.

Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini atau kunjungi www.visionplus.id . Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok) atau Whatsapp di 0888 8000 00.



Vision+, Happiness, Anytime, Anywhere!
#visionplus #originalseries #Katanya #Metatah
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)