Masyarakat Antusias Sambut Gelaran TikTok Shopping Ramadan Sale

Senin, 18 April 2022 - 20:00 WIB
loading...
Masyarakat Antusias Sambut Gelaran TikTok Shopping Ramadan Sale
TikTok Shopping Ramadan Sale yang berlangsung sejak 25 Maret 2022 menjadi momentum bagi pengguna TikTok dalam mempersiapkan kebutuhan puasa dan Lebaran
A A A
JAKARTA - TikTok Shopping Ramadan Sale yang berlangsung sejak 25 Maret 2022 menjadi momentum bagi pengguna TikTok dalam mempersiapkan kebutuhan puasa dan Lebaran dengan lebih maksimal dan lebih awal. Hal ini terlihat dari antusiasme pengguna TikTok dalam membeli sejumlah produk agar bulan puasa dan Idul Fitrinya lebih meriah. Tren inipun juga diprediksi akan terus berlangsung di sepanjang program TikTok Shopping Ramadan Sale, khususnya di periode 'peak day' atau promo puncak yang berlangsung pada 18 dan 25 April, bersama beberapa selebriti dan kejutan menarik lainnya.

Program TikTok Shopping Ramadan Sale mencatat beberapa brand dan produk yang sukses membukukan penjualan positif sejak program ini berlangsung. Apa sajakah produk yang diborong oleh pengguna TikTok untuk kebutuhan bulan puasa dan lebarannya di program TikTok Shopping ini? Mari kita simak.

Siap sedia sambal dan lauk untuk sahur dan berbuka
Salah satu brand yang mendapat respons positif adalah Eatsambel, produk sambal tradisional yang terdiri dari berbagai varian rasa. Menyajikan rasa khas Indonesia, produk Eatsambel diborong oleh masyarakat saat sesi live stream untuk menemani makan saat sahur maupun buka puasa. Meski hadir secara virtual, tapi Eatsambel berhasil menggugah selera masyarakat yang menyaksikan dari rumah dengan menyajikan tayangan live cooking serta berbagai bundling package yang lebih terjangkau selama sesi berlangsung. Lewat strategi tersebut, Eatsambel berhasil meningkatkan akumulasi nilai pembelian atau gross merchandise value (GMV) sebesar 3.820 persen dibanding periode lainnya*.

Mempercantik rumah untuk menyambut para tamu
Semangat membeli produk rumah tangga selama Ramadan di tengah masyarakat juga tampak dari performa penjualan berbagai seller Home & Living di TikTok. Beberapa di antaranya adalah seller Belihelm yang melengkapi keamanan berkendara masyarakat selama ngabuburit maupun saat perjalanan mudik Lebaran nanti dengan produk helm dan aksesori motor berkualitas, seller ArindaCollection yang menghadirkan gorden dengan beragam motif dan ukuran untuk dekorasi rumah saat bersilaturahmi di perayaan Idul Fitri, dan seller Hongzhuo yang menyediakan produk sembako dan peralatan dapur menarik dengan harga terjangkau. Strategi ketiganya yang menghadirkan flash sale dan program give away, serta kolaborasi bersama kreator konten ini berhasil meraup pertumbuhan GMV hingga 2.858 persen dibanding periode lainnya*.

Tampil prima untuk acara buka bersama dan Lebaran
Antusiasme persiapan Ramadan juga tampak dari bagaimana masyarakat mempersiapkan diri menjadi versi terbaik diri melalui pembelian produk fashion. Hal ini tampak dari hasil penjualan seller Gudang Sepatu Import yang menghadirkan sneaker perempuan dan laki-laki untuk melengkapi outfit of the day (OOTD) masyarakat saat Lebaran mendatang. Menghadirkan program flash sale dan diskon besar selama durasi live stream yang panjang, Gudang Sepatu Import berhasil membukukan pertumbuhan GMV hingga 7.292 persen dibanding periode lainnya*.

Semakin glowing menuju Idul Fitri
Tampil menjadi versi terbaik saat Ramadan juga terlihat dari antusiasme masyarakat merawat kesehatan kulit mereka. Pasalnya, brand Skintific yang hadir memeriahkan program TikTok Shopping Ramadan Sale ini berhasil meningkatkan transaksinya lewat produk perawatan kulit seperti moisturizer gel, brightening serum, hingga sunscreen.

Untuk menjadikannya lebih menarik, Skintific melakukan flash sale dan memberikan harga paling murah khusus untuk pelanggan di TikTok, selama sesi live stream berlangsung. Lewat strategi ini, Skintific juga berhasil membukukan pertumbuhan GMV sebesar 2.873 persen dibanding periode lainnya*.

Investasi untuk masa depan
Sale Ramadan yang TikTok Shopping selenggarakan tampaknya juga menjadi momen bagi masyarakat untuk berinvestasi dengan emas dan gawai yang mendukung produktivitas mereka. Hal ini tampak dari performa positif penjualan JD.ID, perusahaan e-commerce yang membawa misi 'make joy happen'. Di program TikTok Shopping Ramadan Sale ini, JD. ID menghadirkan produk Antam emas logam mulia sebagai instrumen investasi, hingga gawai berkualitas seperti smartphone, laptop, hingga TV yang dapat mendukung kegiatan kerja dan belajar selama menjalani Ramadan di rumah.

Untuk menambah keseruan, JD.ID juga menggandeng kreator yang ahli di bidang teknologi untuk memperkenalkan produk unggulannya, serta menghadirkan harga produk yang kompetitif untuk menarik minat konsumen. Berkat upaya tersebut, JD.ID juga berhasil meraup pertumbuhan GMV hingga 8.600 persen dibanding periode lainnya*.

Pencapaian yang dilakukan oleh sejumlah seller serta brand dalam menghadirkan produk spesial Ramadan, tidak lepas dari kolaborasi harmonis yang mereka ciptakan bersama kreator konten selama sesi live stream berlangsung. Beberapa di antaranya adalah Natasha Surya, yang terkenal dengan review terpercaya rekomendasi produk rumah tangga modern yang estetik, dan Louissescarlettfamily yang tidak pernah gagal memberi referensi produk makeup dan skincare bagi konsumen di TikTok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)