Ini Rencana Menkes Budi Gunadi jika Vaksin Merah Putih Selesai Sesuai Jadwal

Selasa, 19 April 2022 - 18:32 WIB
loading...
Ini Rencana Menkes Budi Gunadi jika Vaksin Merah Putih Selesai Sesuai Jadwal
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan update terkini soal vaksin Merah Putih yang banyak diharapkan akan menjadi vaksin buatan anak bangsa. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan update terkini soal vaksin Merah Putih . Seperti diketahui vaksin ini banyak diharapkan akan menjadi vaksin buatan anak bangsa yang efektif melawan Covid-19.

Menkes Budi Gunadi mengatakan jika vaksin Merah Putih diprediksi selesai diproduksi dalam waktu dekat.

"Mungkin selesai produksi pada Agustus hingga September 2022," tegas dia saat ditemui awak media di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022).

Baca juga: 6 Penyebab Bayi Kembar Lahir Bisa Tidak Selamat, Seperti yang Dialami Putra Cristiano Ronaldo

Saat ini, vaksin Merah Putih sedang diteliti tim peneliti Universitas Airlangga Surabaya yang bekerja sama dengan PT Biotis.

Vaksin tersebut sekarang sudah memasuki fase 2 yang direncanakan akan memasuki fase uji klinis fase 3 pada akhir Mei 2022.

Sementara, soal penggunaannya, Budi Gunadi menyebutkan jika vaksin Merah Putih direncanakan untuk booster dan vaksin anak.

"Bahkan, rencananya presiden minta vaksin Merah Putih nantinya diperuntukan juga untuk donasi ke luar negeri," ungkap Budi Gunadi.

Baca juga: 5 Penyebab Berat Badan Naik Meski Puasa Ramadhan, Nomor 4 Merangsang Otak Terus Makan

Apabila produksi selesai sesuai jadwal, rencananya Badan Pengawas Obat dan Makanan akan mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) tak lama setelah vaksin selesai diproduksi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)