Begini Cara Fairuz A Rafiq Mendidik Agama pada Anak, King Faaz Jadi Hafiz Quran

Rabu, 20 April 2022 - 17:43 WIB
loading...
Begini Cara Fairuz A Rafiq Mendidik Agama pada Anak, King Faaz Jadi Hafiz Quran
Fairuz A Rafiq menuturkan kiat memberikan pendidikan agama sejak dini kepada anak. Berkat didikannya, sang putra King Faaz menjadi hafiz quran di usia 9 tahun. Foto/Instagram Fairuz A Rafiq
A A A
JAKARTA - Fairuz A Rafiq menuturkan kiat memberikan pendidikan agama sejak dini kepada anak. Berkat didikannya, sang putra sulung, King Faaz menjadi hafiz quran di usia 9 tahun.

Istri Sonny Septian ini sejak awal menempatkan diri sebagai contoh pertama bagi anak dalam melaksanakan kegiatan ibadah. Menurutnya, anak layaknya sebuah mesin fotocopy yang mencontoh apa yang dilihat dalam keseharian.

"Otomatis apa yang dia lihat di keseharian, misalnya salat, dari kecil dia lihatin gerakan salat. Ikut sujud sendiri, nah dari hal kecil. Lihat orangtunya mengaji 'mami lagi ngapain?' oh, pengin kaya gitu juga," kata Fairuz, saat dihubungi, belum lama ini.

King Faaz sudah mulai diajarkan mengenai pendidikan agama sejak masih duduk di bangku playgroup. Setelah usia tiga tahun ke atas, putra Fairuz itu mulai menghafal doa-doa pendek.


King Faaz kemudian mulai difokuskan belajar mengaji dengan Iqra. Menurut Fairuz, putranya juga meluluskan Iqra berkali-kali sebelum akhirnya mulai ke tahap mengaji Alquran.

"Dia udah sampai tiga kali lulus (Iqra). Membacanya benar, pelafalannya benar. Tajwid semua benar. Setelah Iqranya lulus, dia baru bisa masuk ke Alquran," ujar putri mendiang pedangdut A Rafiq ini.

Dalam metode menghafal ayat Alquran, Fairuz juga menekankan pentingnya peran orangtua. Meski dia membawa guru untuk Faaz belajar mengaji, dia bersama sang suami rutin mengasah hafalan Alquran Faaz ketika di rumah.

"Gurunya seminggu dua kali. Pokoknya dari Senin-Jumat, gurunya dua kali. Tiga harinya itu aku kasih dari saya atau suami. Mami daddy saling suport. Siapa yang lagi mau ajarin," kata Fairuz.


Tetapi, Fairuz mengungkap bahwa sesungguhnya dalam mendidik anak, harus membangun niat sang buah hati lebih dulu. Orang tua tak boleh terlalu memaksakan dan harus memperhatikan hal lain yang disukai si kecil.

"Pertama dari niat anaknya dulu. Anaknya mau jadi seperti apa. Karena dorongan orang tua dan apa yang diajarkan orangtua, pasti akan masuk ke anaknya," kata Fairuz.

"Mendidiknya enggak di push (dipaksa). 'Abang mau enggak?' Kalau dia mau, ya dilanjut. Tunggu moodnya enak," katanya.

Baca pembahasan mengenai Kisah Religius Artis selengkapnya di Celebrities.id melalui link berikut https://www.celebrities.id/tag/religius
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3026 seconds (0.1#10.140)