Tren Hijrah Para Selebritas, Semakin Religius dan Istiqamah

Rabu, 20 April 2022 - 18:04 WIB
loading...
Tren Hijrah Para Selebritas, Semakin Religius dan Istiqamah
Mendengar kata hijrah mungkin pikiran akan terbayang dengan keputusan seseorang menjadi lebih religius. Foto/Instagram Teuku Wisnu
A A A
JAKARTA - Mendengar kata hijrah mungkin pikiran akan terbayang dengan keputusan seseorang menjadi lebih religius. Tidak sepenuhnya salah, tapi sebenarnya hijrah adalah berpindah dari sebuah tempat menuju tempat lain yang lebih baik.

Ketentuan mengenai hijrah sendiri sudah tertuang dalam Al-Quran surat Annisa ayat 100;

وَمَنْ يُّهَاجِرْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يَجِدْ فِى الْاَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيْرًا وَّسَعَةً ۗوَمَنْ يَّخْرُجْ مِنْۢ بَيْتِهٖ مُهَاجِرًا اِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ اَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ ۗوَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمً

"Dan barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang"

Menurut Ustadz Fauzan Amin, ketua ikatan sarjana Alquran Hadist Indonesia, seseorang yang melakukan perpindahan dengan niat karena Allah SWT, kelak berkah akan menyertainya.

"Kalau kita berangkat dari kampung, pergi ke ibu kota mencari rezeki, maka Insya Allah selama niat kita baik menafkahi keluarga, Insya Allah akan menemukan keberkahan," ujar sang Ustadz, dikutip dari YouTube Okezone.com


Saat ini, fenomena hijrah sendiri banyak diartikan sebagai perpindahan dari pribadi seorang yang semula kurang mengerti agama menjadi lebih paham atau bahkan bisa dibilang religius. Fenomena ini pun lambat laun menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat, terkhusus para artis.

Ya, sudah banyak artis yang melakukan hijrah. Awalnya jauh dari agama, akhirnya semakin dekat dengan Allah dan mulai menutup Aurat.

"Begitu pula artis yang awalnya tidak berhijab kemudian menutup auratnya lillahi ta'ala , Insya Allah akan mendapatkan kebaikan. Hijrah tergantung dengan kita. Kalau hijrah karena Allah akan mendapatkan berkah," tutur Ustadz Fauzan Amin kembali menegaskan.

Awal Mula Artis Berhijrah

Artis Tanah Air berhijrah sebenarnya bukan tanpa alasan. Sebagian dari mereka mengalami sendiri pengalaman spiritual dalam hidup sehingga pintu hidayah pun terketuk.

Misalnya saja Kartika Putri, artis cantik yang dulu kerap berpakaian seksi namun semua sudah ia tutup rapat-rapat. Lewat sebuah program televisi swasta, Kartika pernah becerita bahwa sebelum mantap berhijab, dia sempat diberi mimpi aneh.

Kartika melihat dirinya meninggal dunia dengan mengenkan dress mini warna hitam dalam buah tidur. Tak ada satupun orang yang mendoakannya, apalagi membacakan Yasin.

Berkat mimpi buruk yang ia alami, akhirnya Kartika Putri mantap berhijrah dan memakai hijab sesuai tuntunan Islam.


Selain melalui pengalaman spiritual, ada pula para artis yang hatinya tergerak untuk hijrah lantaran ajakan dari pasangan. Salah satunya ada Shireen Sungkar yang tidak lain adalah istri Teuku Wisnu.

Teuku Wisnu sudah mantap berhijrah terlebih dahulu dibandingkan Shireen. Sebagai seorang saumi, Wisnu pun terus mengajak Shireen untuk mengikuti jejaknya.

Apakah Shireen langsung sepakat? ternyata sempat terjadi penolakan dan Shireen merasa Wisnu sudah berubah total. Namun dengan usaha dan kesabaran, Shireen akhirnya turut hijrah dan mengenakan hijab tanpa paksaan.

Tren Hijrah Artis

Tren hijrah artis marak terjadi serta mudah sekali diketahui. Tak heran, media sosial sudah semakin berkembang sehingga tidak sulit melihat perubahan drastis yang terjadi di kalangan artis.
Menurut Oki Setiana Dewi, tren hijrah biasanya ditandai ketika mereka mulai menampakan sisi religiusitas.

"Seperti contohnya dalam waktu singkat mereka menggunakan pakaian mulsim dan mengadakan pengajian-pengajian di tempat tertentu. Jadi secara kasat mata bisa melihat perubahannya dari segi penampilan" tutur Oki Setiana Dewi, dikutip dari YouTube Majelis Tabligh Muhammadiyah, Senin (18/4/2022).

Kakak sulung Ria Ricis ini mengatakan tren hijrah ini diikuti pula dengan term kesolehan aktif. Hal itu berarti tidak hanya mempraktekan keimanan, tetapi juga sangat bersemangat mendakwah dan ingin orang lain percaya. Sehingga, orang lain kelak juga akan berbuah seperti mereka.

Di samping itu, Oki menjelaskan tentang tren hijrah umumnya diikuti oleh kelas menengah muslim, berdasarkan pendapat Azyumardi Azra. Kalangan artis tentunya masuk ke dalam kategori ini.

Kelas menengah muslim sendiri meliputi beberapa ciri-ciri. Pertama, memiliki kekuatan belanja perkapita 5-20 dolar atau skeitar Rp 45 ribu hingga Rp 180 ribu perhari.

Kemudian juga menempuh pendidikan tinggi minimal jenjang sarjana, penghasilan tetap, memiliki rumah serta kendaran dan sejumlah tabungan. Selain itu, merkea juga mampu liburan bersama keluarga minimal sekali dalam setahun.



Dakwah yang Diikuti Kelas Menengah Muslim Termasuk Para Artis

Lebih lanjut, Oki Setiana Dewi menurutkan bahwa kaum dari kelas menengah muslim umumnya mengikuti kajian maupun dakwah model kursus berbayar.

Pertama bisa dengan pendekatan modern yang tidak lagi diadakan di masjid. Sebagai gantinya, dakwah ataupun kajian dilakukan di hotel, mall, kafe, dan lain-lain.

Kajian semacam ini bisa ditemukan di Klub Agama Paramadina. Biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu.

Jemaah akan disuguhi makanan kecil, kopi, dan diskusi menarik. Demi menyampaikan ajaran islam dengan benar, pemateri menggunakan buku rujukan dan slide presentasi. Jadi pemateri bukan hanya sekedar monolog seperti ustadz pada umumnya.

Kemudian, ada pula metode kajian FAST yakni fastaqibul khairat atau cepat. Menurut Oki, kajian jenis ini sangat terkenal di kalangan artis.

"Beberapa selebritis juga ikut dalam kajian FAST ini, beberapa yang ikut Arie Untung dan Dewi Sandra" tutu Oki.

Fast sendiri berarti mendalami agama secara singkat. Belajar agama menjadi lebih menarik lantaran kajian fast menggunakan media dakwah kreatif.

Kondisi Saat Ini

Tren hijrah masih terus bergulir. Salah satu artis yang belum lama ini memutuskan menutup aurat adalah Tya Ariestya. Artis cantik ini melakukan hal itu tanpa paksaan sedikitpun.

Di samping itu, artis-artis yang sudah lebih dulu berhijrah pun masih tampak istiqomah dan terus menyebarkan kebaikan. Entah lewat perilaku ataupun pesan-pesan manis terkait agama lewat media sosial.

Seperti misalnya saja Dewi Sandra yang gemar membagikan hadist maupun mengajak para followersnya untuk berbagi. Begitu pula dengan Arie Untung, melalui konten YouTube dirinya masih gencar membuat video insipiratif berbau ajaran islam.

Hijrah sama sekali bukan sesuatu yang negatif. Selama masih ada kaum yang terketuk pintu hatinya untuk berubah lebih baik, itu berarti hidayah Allah benar-benar nyata.


Baca pembahasan mengenai Kisah Religius Artis selengkapnya di Celebrities.id melalui link berikut https://www.celebrities.id/tag/religius
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)