3 Artis Pemeran Tokoh Kartini, Nomor Terakhir Berbeda dari Film Lainnya

Kamis, 21 April 2022 - 13:05 WIB
loading...
3 Artis Pemeran Tokoh Kartini, Nomor Terakhir Berbeda dari Film Lainnya
Artis pemeran tokoh kartini ternyata jumlahnya belum terlalu banyak. Diantaranya Yenny Rachman. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Artis pemeran tokoh Kartini ternyata jumlahnya belum terlalu banyak. Mulai dari Dian Sastrowardoyo hingga Rania Putrisari.

Peringatan Hari Kartini jatuh pada hari ini, Kamis (21/4/2022). Sebagian artis-artis pernah berperan sebagai tokoh Kartini.

Raden Adjeng Kartini lahir pada 21 April 1879. Perempuan ini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Indonesia.

Kartini berasal dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa. Dia merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara segera setelah Kartini lahir.



Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang dikenal dengan Hari Kartini.

Penasaran siapa saja artis-artis pemeran tokoh Kartini? Berikut ulasannya dibawah ini.

1. Dian Sastrowardoyo
3 Artis Pemeran Tokoh Kartini, Nomor Terakhir Berbeda dari Film Lainnya

Artis-artis pemeran tokoh Kartini yang pertama ada Dian Sastrowardoyo. Dian memerankan film Kartini pada tahun 2017. Dikisahkan Kartini berjuang untuk menyetarakan hak bagi kaum perempuan terutama dalam hal pendidikan. Dalam film Dian Sastro bersama Acha Septriasa dan Ayushita yang beperan sebagai dua saudaranya yaitu, Rukmini dan Kardinah. Mereka bertiga berjuang membangun sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara.

2. Yenny Rachman
3 Artis Pemeran Tokoh Kartini, Nomor Terakhir Berbeda dari Film Lainnya

Artis-artis pemeran tokoh Kartini selanjutnya, yaitu Yenny Rachman. Perempuan ini adalah yang pertama kali memerankan Kartini dalam film "R.A Kartini" yang diproduksi pada 1982. Film ini berdasarkan dari buku Biografi Kartini yang ditulis oleh Sitisoemandari Soeroto. Film ini disutradarai Sjumandjaja dan berhasil mendapat 3 Piala Citra.

3. Rania Putrisari
3 Artis Pemeran Tokoh Kartini, Nomor Terakhir Berbeda dari Film Lainnya

Artis-artis pemeran tokoh Kartini lainnya adalah Rania Putrisari. Perempuan ini memerankan Kartini dalam dalam film Surat Cinta Untuk Kartini pada tahun 2016. Film Kartini ini berbeda dari lainnya, dimana film ini mengeksplorasi kisah fiksi antara Sarwadi yang diperankan Chicco Jerikho, tukang pos yang jatuh cinta dengan sosok Kartini dan terkesima dengan pandangan Kartini.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)