Mengenal Kanker Paru dan Gejalanya Seperti yang Diidap Kiki Fatmala

Sabtu, 23 April 2022 - 14:30 WIB
loading...
Mengenal Kanker Paru dan Gejalanya Seperti yang Diidap Kiki Fatmala
Kiki Fatmala mengidap penyakit kanker paru stadium 4. Bintang film Si Manis Jembatan Ancol itu berjuang melawan penyakit kanker yang diidapnya ini sejak 2021. Foto/Instagram Kiki Fatmala
A A A
JAKARTA - Kiki Fatmala mengidap penyakit kanker paru stadium 4. Bintang film Si Manis Jembatan Ancol itu berjuang melawan penyakit kanker yang diidapnya ini sejak 2021.

Dalam unggahan di Instagram pribadinya, Kiki pun menceritakan perjuangannya sembuh dari kanker. Beruntung, artis 52 tahun itu kini telah terbebas dari kanker.

"19 November 2021 hari di mana semuanya berubah. Aku didiagnosis kanker paru-paru stadium IV. Aku menyadari bahwa semuanya tak akan sama lagi dan hidup terbagi jadi dua bagian. Sebelum dan sesudah ini," tulis Kiki.

"Mengucap syukur kesembuhan yang terjadi. Segala perkara dapat ku tanggung di dalam dia yang memberi kekuatan kepadaku," tambahnya.


Dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (23/4/2022) kanker paru adalah jenis kanker yang dimulai di paru-paru. Paru-paru adalah dua organ spons di dada yang mengambil oksigen saat menarik napas dan melepaskan karbon dioksida saat menghembuskan napas.

Kanker paru adalah penyebab utama kematian akibat kanker di seluruh dunia. Orang yang merokok memiliki risiko terbesar terkena kanker paru-paru, meskipun kanker paru-paru juga dapat terjadi pada orang yang tidak pernah merokok.

Risiko kanker paru-paru meningkat seiring dengan lamanya waktu dan jumlah rokok yang dihisap. Jika berhenti merokok, bahkan setelah merokok selama bertahun-tahun, Anda dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan terkena kanker paru-paru.

Kanker paru biasanya tidak menimbulkan tanda dan gejala pada tahap awal. Tanda dan gejala kanker paru biasanya terjadi ketika penyakit sudah lanjut. Adapun gejala tersebut mencakup batuk baru yang tak kunjung hilang, batuk darah, bahkan dalam jumlah kecil, sesak napas.


Nyeri dada, suara serak, turun berat badan tanpa mencob, sakit tulang, sakit kepala. Merokok menyebabkan sebagian besar kanker paru baik pada perokok maupun orang yang terpapar asap rokok.

Tetapi kanker paru-paru juga terjadi pada orang yang tidak pernah merokok dan pada mereka yang tidak pernah terpapar asap rokok dalam waktu lama. Dalam kasus ini, mungkin tidak ada penyebab yang jelas dari kanker paru-paru.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)