Makanan Khas Lebaran Ini Bikin Kolesterol Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Senin, 25 April 2022 - 16:08 WIB
loading...
Makanan Khas Lebaran Ini Bikin Kolesterol Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan
Beberapa makanan khas Lebaran bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Ini karena bahan yang digunakan dan Lebaran dijadikan ajang balas dendam setelah puasa. Foto/EndeusTV
A A A
JAKARTA - Beberapa makanan khas Lebaran bisa menyebabkan kolesterol tinggi . Ini karena bahan yang digunakan dan Lebaran dijadikan ajang balas dendam setelah sebulan menjalankan puasa Ramadhan.

Karena itu, beberpa makanan khas Lebaran tidak disarankan dikonsumsi berlebihan meski rasanya enak. Sementara itu, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah.

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit mematikan. Kolesterol tinggi menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah.

Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.


Berikut makanan khas Lebaran yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (25/4/202).

1. Opor Ayam

Makanan Khas Lebaran Ini Bikin Kolesterol Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan


Makanan khas Lebaran pertama yang menyebabkan kolesterol tinggi adalah opor ayam. Rasa gurih dari santan tanpa disadari bisa menyebabkan kolesterol naik, terlebih jika makanan ini dipanaskan berulangkali.

Selain penggunaan santan, bahan seperti telur atau ati ampela juga dipercaya menyebabkan kolesterol.

2. Coto Makassar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)